Masyarakat diminta kibarkan bendera merah putih dalam peringatan Hari Lahir Pancasila

id Pemkab kapuas, kuala kapuas, ben brahim s bahat, hari lahir pancasila

Masyarakat diminta kibarkan bendera merah putih dalam peringatan Hari Lahir Pancasila

Foto Dokumentasi-Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat saat upacara pada peringatan hari jadi kabupaten belum lama ini. (ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Ben Brahim S Bahat, meminta seluruh perkantoran dan komponen masyarakat dapat mengibarkan bendera merah putih, dalam peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2021 ini.

“Agar dapat mengibarkan bendera merah putih selama satu hari, pada 1 Juni 2021 ini,” pintanya di Kuala Kapuas, Senin.

Ini disampaikannya dalam Surat Edaran nomor 300.1/155/Kesbangpol.2021, tentang Peringatan Hari Lahir Pancasila 2021. Surat tersebut menindaklanjuti Surat Edaran Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia tentang pedoman peringatan Hari Lahir Pancasila 2021.

Dalam surat edaran tersebut, pria yang pernah menjabat Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Tengah itu juga meminta seluruh lurah dan kepala desa, agar menyampaikan edaran ini kepada warga di lingkungannya masing-masing.

Dalam edaran tersebut, Ben mengajak masyarakat Kapuas mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila melalui siaran langsung di kanal Youtube, Facebook dan Instagram Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia.

“Namun tetap kita memerhatikan protokol kesehatannya dalam pencegahan COVID-19,” demikian Ben Brahim S Bahat.

Hari Lahir Pancasila diperingati setiap 1 Juni, berdasarkan Keputusan Presiden nomor 24 tahun 2016. Hari Pancasila 2021 jatuh pada Selasa (1/6) dan ditetapkan sebagai tanggal merah atau hari libur nasional.

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengeluarkan surat edaran untuk segenap komponen bangsa dan masyarakat Indonesia agar berkomitmen memperingati Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni sebagai bagian dari pengarusutamaan Pancasila dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.