Pemkab lakukan analisa dan evaluasi tanggulangi COVID-19 di Sukamara

id Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah, Windu Subagio, Kabupaten Sukamara, vaksinasi di Sukamara, vaksin di sukamara, Sukamara, Kalteng

Pemkab lakukan analisa dan evaluasi tanggulangi COVID-19 di Sukamara

Bupati Sukamara Windu Subagio saat menyampaikan arahan saat analisa dan evaluasi penangan covid-19 di aula Kantor Bupati, Rabu (2/6/2021). ANTARA/Donefrid Lalang

Sukamara (ANTARA) - Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah, Windu Subagio menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan analisa dan evaluasi terkait dengan penanggulangan corona virus disease 2019 (Covid-19), Rabu (2/6/2021).

"Itu jadi dasar dalam sasaran menangani covid-19 kedepannya, tetap dengan melaksanakan protokol kesehatan (prokes). Namun, sasaran utama adalah membentuk hearth immunity,” ucap Windu.

Menurutnya, membentuk hearth imunity tersebut tentunya dengan cara vaksinasi kepada semua masyarakat di wilayah setempat. Jadi, tidak dibiarkan begitu saja terbentuk secara alami.

“Yang terjadi alami memang juga ada, akibat terpapar virus tersebut. Namun, tetap kita utamakan pemberian vaksinasi untuk membentuk heart immunity bagi seluruh masyarakat di Sukamara,” imbuhnya.

Dikatakan, jumlah vaksin yang diperlukan sekitar 76 ribu dosis untuk keseluruhan warga. Hal tersebut menghitung jumlah penduduk dikurangi usia anak-anak, sehingga mencapai 38 ribu orang. Jadi, itu targetnya dengan pemberian dua tahap pemberian vaksin.

Baca juga: BPBD Sukamara perlu penambahan sarpras dan SDM penanganan karhutla

Dia mengatakan telah mengintruksikan Kepala Dinas Kesehatan Sukamara agar menyiapkan kekurangan vaksin di wilayah ini, sehingga terpenuhi. Selain itu, kami juga akan mengajak dunia usaha berpartisipasi melaksanakan vaksin mandiri.

"Semua itu kami lakukan bertujuan mempercepat proses vaksinasi di Kabupaten Sukamara," kata Windu.

Bupati Sukamara itu mengatakan, sasaran saat ini yang dilaksanakan selain warga lanjut usia juga wilayah-wilayah zona merah berdasarkan data yang diterima seperti di Kelurahan Padang dan kelurahan Mendawai. Dan, bagi Wilayah zona merah di setiap kelurahan, maka warganya akan dipercepat vaksinasi.

"Sudah saya perintahkan kepada instansi terkait melaksanakan itu. Tujuannya, mengantisipasi mata rantai penyebaran sekitar lokasi warga yang terpapar," demikian Windu.

Baca juga: Pemkab Sukamara siapkan langkah konkret perkuat penanganan COVID-19

Baca juga: Berikut imbauan Bupati Sukamara di masa pandemi