Wabup dukung lomba teknologi tepat guna digelar di Kapuas

id Wakil Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Muhammad Nafiah Ibnor, Kabupaten Kapuas, Kapuas, Kalteng,lomba teknologi tepat guna digelar di Kapuas, lomba t

Wabup dukung lomba teknologi tepat guna digelar di Kapuas

Wakil Bupati Kapuas Muhammad Nafiah Ibnor bersama Kepala Dinas PMD Kapuas Yanmarto melihat kegiatan pameran dan lomba inovasi pengembangan dan penerapan TTG tingkat Kabupaten Kapuas, Rabu (02/06/2021). ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas

Kuala Kapuas (ANTARA) - Wakil Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Muhammad Nafiah Ibnor menyatakan bahwa kabupaten ini dituntut harus bisa mengembangkan dan meningkatkan sumber daya manusia, agar masyarakat memiliki penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta keterampilan dan daya saing dalam mengelola sumber daya alam.

"Salah satunya adalah melalui pengembangan dan pemanfaatan Teknologi Tepat Guna (TTG) secara optimal agar mampu menciptakan efisiensi, efektifitas dan produktivitas yang tinggi dan berkesinambungan," kata Nafiah di Kuala Kapuas, Rabu (2/6).

Ini disampaikan oleh orang nomor dua di Kabupaten Kapuas, saat membuka kegiatan pameran dan lomba inovasi pengembangan dan penerapan Teknologi Tepat guna (TTG) tingkat Kabupaten Kapuas.

Lebih lanjut dikatakannya, Kabupaten Kapuas disamping memiliki kekayaan alam yang melimpah dalam bidang pertanian maupun perikanan, juga memiliki potensi sumber daya yang melimpah seperti energi hijau, mikrohidro, energi angin, energi surya dan lain sebagainya.

Atas nama pribadi maupun atas nama Pemerintah Kabupaten Kapuas sangat mengapresiasi dan menyambut baik dengan adanya pelaksanaan kegiatan gelar pameran dan lomba inovasi teknologi tepat guna tingkat Kabupaten Kapuas yang diadakan pada tahun ini.

Melalui lomba TTG itu, Nafiah berharap bisa menjadi landasan penting dan strategis bagi terbentuknya sumber daya manusia yang inovatif, kreatif, produktif dan kompetitif menuju Kabupaten Kapuas yang lebih maju, sejahtera dan mandiri sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Kapuas.

"Saya berpesan kepada kita semua dan khususnya seluruh peserta lomba agar dapat memanfaatkan dan mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Tampilkan karya inovasi yang dimiliki kepada dewan juri dan selamat berkompetisi," pesanya.

Baca juga: Basarnas beri penghargaan relawan Kapuas

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Yanmarto mengatakan, bahwa maksud dan tujuan dalam kegiatan lomba ini adalah untuk meningkatkan dan mendukung pengembangan TTG berbasis sumber daya lokal bagi para pihak yang berfokus pada peningkatan, pengembangan dan penerapan TTG oleh masyarakat menuju Kabupaten Kapuas yang lebih maju, sejahtera dan mandiri.

Untuk jumlah peserta dalam pelaksanaan gelar pameran dan lomba ini berjumlah 10 peserta dengan rangkaian lomba terdiri dari gelar pameran atau expo inovasi TTG dan lomba inovasi TTG.

"Dalam penyelenggaraan lomba inovasi TTG tahun 2021 ini, kepada para pemenang akan diberikan hadiah berupa piagam penghargaan dari Bupati Kapuas dan uang pembinaan dengan total sebesar sebelas juta rupiah," demikian Yanmarto.

Baca juga: Masyarakat diminta kibarkan bendera merah putih dalam peringatan Hari Lahir Pancasila

Baca juga: Tim Saber Pungli pantau kantor pelayanan publik di Kapuas