Tuntutan Bahar Smith dipastikan sudah sesuai pertimbangan

id Bahar Smith ,Jaksa penuntut umum dari Kejaksaan Tinggi Jawa Barat,Tuntutan Bahar Smith dipastikan sudah sesuai pertimbangan, terdakwa penganiayaan sop

Tuntutan Bahar Smith dipastikan sudah sesuai pertimbangan

Sidang perkara penganiayaan sopir taksi dengan terdakwa Bahar Smith digelar secara daring di Pengadilan Negeri Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (8/6/2021). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Jakarta (ANTARA) - Jaksa penuntut umum dari Kejaksaan Tinggi Jawa Barat memastikan tuntutan terhadap terdakwa penganiayaan sopir taksi Bahar Smith sudah sesuai dengan pertimbangan fakta-fakta persidangan.

Jaksa Kejati Jabar Sukanda mengatakan tuntutan selama 5 bulan hukuman penjara itu diberikan karena terdakwa dan korban sudah saling memaafkan, dan juga terdakwa sudah membayar kerugian kepada korban.

"Jadi, tuntutan 5 bulan bukan karena keraguan, melainkan karena objektivitas tim jaksa," kata jaksa Sukanda saat agenda sidang replik di Pengadilan Negeri Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa.

Pada persidangan sebelumnya, Bahar Smith melalui kuasa hukumnya meminta agar dibebaskan dari segala dakwaan dan tuntutan jaksa karena telah menempuh perdamaian dengan korban.

Baca juga: Bahar Smith minta dibebaskan dari dakwaan penganiayaan

Namun, jaksa menilai permintaan untuk dibebaskan itu tidak bisa dilakukan. Jaksa menyatakan tetap pada tuntutannya, yakni meminta hakim menjatuhkan hukuman 5 bulan penjara.

"Kami berpendapat berdasarkan fakta persidangan tidak ada alat bukti yang menjadikan terdakwa harus dibebaskan. Berdasarkan itu kami penuntut umum tetap pada tuntutan kami," kata jaksa.

Sementara itu, Bahar Smith justru mengaku tidak meminta dibebaskan meski kuasa hukumnya telah menyampaikan permintaan itu pada sidang sebelumnya dengan agenda pembacaan nota pembelaan.

"Saya tidak pernah minta vonis hakim dibebaskan, saya hanya minta keadilan, saya berani bertanggung jawab apa pun risikonya, berapa pun ancaman hukumannya," kata Bahar.

Ia menegaskan, "Kalau saya pribadi, saya tidak pernah minta dibebaskan, apa pun keputusan majelis hakim saya ikut itu."

Ketua Majelis Hakim Surachmat mengatakan bahwa agenda sidang vonis kepada Bahar pada tanggal 22 Juni 2021. Hakim pun memastikan telah mencatat permintaan Bahar yang tidak ingin dibebaskan dan ingin diberi keadilan.

"Tinggal kami bermusyawarah untuk menjatuhkan hukuman, acaranya putusan pada persidangan yang akan datang," kata hakim.

Baca juga: Aniaya sopir taksi, Bahar Smith dituntut penjara lima bulan

Baca juga: Bahar Smith menolak diperiksa soal penganiayaan sopir taksi

Baca juga: Pemeriksaan Bahar Smith tetap berlanjut terkait penganiayaan sopir taksi online