Barito Utara kaji banding ke Mura terkait Pilkades

id barito utara,kaji banding,murung raya,pilkades,kalteng

Barito Utara kaji banding ke Mura terkait Pilkades

Kepala Dinas Sosial PMD Barito Utara Eveready Noor menerima plakat lambang daerah yang diserahkan Wakil Bupati Murung Raya Rejikinoor didampingi Sekretaris Daerah Murung Raya Hermon usai pertemuan kaji banding terkait pelaksanaan Pilkades serentak, di Puruk Cahu, Selasa (8/6/2021).ANTARA/HO

Puruk Cahu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, melakukan kaji banding  ke Kabupaten Murung Raya terkait pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak.

Kedatangan tim kaji banding dari Barito Utara disambut langsung oleh Wakil Bupati Murung Raya Rejikinoor didampingi Sekretaris Daerah Murung Raya Hermon dan Kepala Dinas terkait yang diawali  dengan pemeriksaan rapid test antigen yang dilakukan oleh Dinas Kesahatan setempat  di Puruk Cahu, Selasa.

Tim kaji banding dari Barito Utara tersebut dipimpin langsung Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan, Masyarakat dan Desa Kabupaten Barito Utara Eveready Noor dan jajaran terkait.

"Kaji banding ke Kabupaten Murung Raya ini terkait pelaksanaan pilkades serentak tahun 2021 dengan protokol COVID-19 dan lain-lain yang dianggap penting," kata Eveready.

Menurutnya, tujuan dari kaji banding ini adalah untuk melakukan pengamatan dan mempelajari terkait sistem penganggaran dalam APBDes termasuk acuan biaya mulai dari tahap awal pendataan sampai dengan hari pelaksanaan.

"Dalam kegiatan kaji banding tersebut untuk mempelajari dan mengamati pelaksanaan dilapangan sebagaimana surat edaran Mendagri dan Menteri Desa tentang penggunaan dana desa dan sistem pelaksanaan pilkades selama pandemi COVID-19," kata dia.

Wakil Bupati Murung Raya Rejikinoor mengatakan kedatangan tim kaji banding dari Barito Utara terkait untuk kaji banding pilkades di Murung Raya kesiapan untuk pilkades di Barito Utara nantinya.

"Ini merupakan untuk kebaikan kita bersama, bagaimana kita bersinergi maupun belajar ataupun meluruskan bila ada kekurangan," kata Wabup.

Pihaknya berterima kasih atas dipilihnya Kabupaten Murung Raya oleh tim kaji banding dari Pemkab Barito Utara, terkait pelaksanaan Pilkades serentak 2021 di Barito Utara," ujar Rejikinoor.