Bupati Murung Raya pantau pelaksanaan pilkades serentak

id Bupati Murung Raya, Kalimantan Tengah, Perdie M Yoseph, Kabupaten Murung Raya, Murung Raya, Pilkades di Murung Raya, Pilkades di Kabupaten Murung Raya

Bupati Murung Raya pantau pelaksanaan pilkades serentak

Bupati Murung Raya Perdie M Yoseph saat memantau pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, Rabu (9/6). ANTARA/Supriadi.

Puruk Cahu, Kalteng (ANTARA) - Bupati Murung Raya, Kalimantan Tengah, Perdie M Yoseph memantau pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 62 desa di wilayah setempat.

"Pilkades serentak ini diikuti 205 calon kepala desa," katanya saat memantau pelaksanaan pilkades serentak disejumlah desa, Rabu.

Pelaksanaan Pilkades serentak ini berlangsung dengan tertib dan aman dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya klaster baru penyebaran Corona Virus Disease -19 (COVID-19).

Ia mengatakan, untuk jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang menggunakan hak pilihnya pada pemilihan kepala desa serentak ini tercatat sebanyak 29.358 orang atau hampir menyentuh 50 persen jumlah DPT Kabupaten Murung Raya.

"Sedangkan untuk jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) nya yang tersebar di 62 desa yang melaksanakan pilkades serentak ini sebanyak 93 TPS," terang Perdie 

Baca juga: Barito Utara kaji banding ke Mura terkait Pilkades

Dalam kesempatan itu juga, Perdie meminta kepada warga atau pun kepada calon kepala desa yang melaksanakan Pilkades agar bersama-sama menjaga menjaga keamanan dan jangan sampai masalah Pilkades ini menjadi bahan perdebatan serta berakhir di gugatan.

"Berbeda pilihan itu biasa dan juga terpilih atau tidak terpilih itu juga hal yang wajar. Kita harus memahami ini adalah proses demokrasi untuk memilih pemimpin di desa untuk enam tahun mendatang," ujar Perdie.

Sementara itu kegiatan pemantauan pelaksanaan Pilkades serentak, Bupati Murung Raya didampingi oleh Wakil Bupati Rejikinoor,, Sekda Murung Raya Hermon, Kapolres Mura, AKBP I Gede Putu Widyana, Dandim 1013 Mtw Letkol Kav. Rinaldi Irawan dan Kejari Murung Raya, Suyanto.

Untuk rute pantauan sendiri, dimulai dari Desa Bahitom kemudian menuju Desa Muara Sumpoi. Setelah itu pemntauan diteruskan ke Desa Sungai Lunuk dan berturut-turut menuju ke Desa Tahujan Ontu, Desa Datah Kotou, Desa Dirung dan Desa Mangkahui.

Baca juga: Pengelolaan cagar alam Bukit Sapat Hawung di Mura gencar disosialisasikan

Baca juga: Pemkab Mura kembali raih predikat WTP

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar