Ketua PKK Barut apresiasi pasar tani

id pkk barito utara,pasar tani barut,dinas pertanian,kalteng

Ketua PKK Barut apresiasi pasar tani

Ketua TP PKK Barito Utara Hj Sri Hidayati didampingi Kadis Pertanian Syahmiludin A Surapati dan Sekdis Pertanian H Alianor saat mengunjungi pasar Tani di Dinas Pertanian setempat di Muara Teweh, Jumat (11/6/2021).ANTARA/HO

Muara Teweh (ANTARA) - Ketua TP PKK Kabupaten Barito Utara  Hj Sri Hidayati mengapresiasi Pasar Tani yang digelar oleh Dinas Pertanian setempat sejak Pebruari lalu, dibuka kembali setelah libur waktu memasuki bulan Ramadhan sejak Jumat (4/6).

Pasar Tani dibuka setiap hari Jumat mulai pukul 07.30 WIB sampai dengan 11.00 WIB di halaman Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara.

Ketua TP PKK Sri Hidayati mengatakan dengan adanya pasar tani ini, diharapkan konsumen mendapatkan sayuran segar langsung dari petani.

Selain itu, kata dia, para petani dapat meningkatkan pendapatannya, dikarenakan bertransaksi langsung dengan konsumen. Dia  juga mengatakan bahwa saat pandemi COVID-19 ini dalam beraktivitas tetap selalu menjalankan ketentuan yang diberlakukan pemerintah.

"Dalam aktivitas jual beli jangan lupa untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah," katanya.

Kepala Dinas Pertanian setempat Syahmiludin A Surapati mengatakan bahwa dengan adanya pasar tani ini, dapat memutus siklus rantai tataniaga menjadi pendek petani mendapat bonus peningkatan pendapatan dan menjadi sejahtera.

"Akan kita jadikan agenda rutin, mudah-mudahan para kelompok tani (Poktan) tetap berminat mengisi dengan produknya," ucapnya.

Sekretaris Dinas Pertanian  Alianor menambahkan Pasar Tani ke depan akan tetap dibuka, mengingat sebagai salah satu upaya mensosialisasikan program pertanian di Kabupaten Barito Utara.

Selain itu, dapat disandarkan menjadi mata pencaharian utama untuk keberlangsung roda perekonomian masyarakat banyak dan berpotensi menciptakan lapangan kerja yang cukup luas.

"Hasil produksi usaha tani bisa dipasarkan langsung ke masyarakat konsumen dengan keadaan baik dan segar/higienis dengan harga terjangkau," kata Alianor.