Hal-hal yang harus diketahui rider ketika hendak touring

id touring,rider,Hal-hal yang harus diketahui rider ketika hendak touring

Hal-hal yang harus diketahui rider ketika hendak touring

Perjalan dengan mneggunakan perlengkapan yang lengkap untuk melindungi diri ANTARA/Chairul Rohman.

Jakarta (ANTARA) - Pecinta kendaraan roda dua pada umumnya gemar untuk melakukan perjalanan jauh atau touring bersama dengan komunitasnya untuk bersenang-senang sambil menikmati perjalanan yang dilalui.

Namun terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan seperti kondisi motor, kesiapan pengendara sampai dengan pemahaman rute jalan yang akan dilalui, terutama bagi para rider yang hendak melakukan perjalanan jauh dan memakan waktu cukup lama,

Manager of Public Relation, YRA & Community, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg, Antonius Widiantoro mengungkapkan bahwa kegiatan touring bersama rekan-rekan komunitas memang menjadi salah satu agenda menyenangkan yang sering dilakukan oleh para Bikers Maxi Yamaha. Menikmati momen berkendara sembari merasakan sensasi berkendara motor Maxi Yamaha yang #nyamanMAXImal.

"Tetapi perlu diketahui, persiapan touring cukup banyak dan tidak bisa dianggap sepele demi menunjang keselamatan dan kenyamanan di sepanjang perjalanan. Oleh karena itu Yamaha Indonesia ingin berbagi tips mengenai hal apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum Anda melakukan touring menggunakan motor," ungkap Antonius Widiantoro dalam keterangan resminya dikutip Senin.

Baca juga: OASE luncurkan helm pintar Rider untuk kemudahan navigasi berkendara

Berikut yang perlu dipersiapkan untuk melakukan perjalan juah dengan waktu yang cukup lama:

1. Cek Kondisi Kendaraan

Kondisi motor yang prima sudah hal yang wajib bagi mereka yang akan melakukan perjalanan yang cukup jauh, oleh karena itu sebelum melakukan touring pastikan Anda sudah melakukan pengecekan terhadap seluruh komponen motor seperti ban, oli, aki dan lainnya dimana semuanya dapat berfungsi dengan normal dan dalam kondisi baik.

Khusus konsumen Yamaha, bahkan dapat memanfaatkan fitur layanan pada aplikasi My Yamaha Motor untuk melihat lokasi bengkel resmi terdekat dan juga informasi Service Kunjung Yamaha (SKY) untuk merawat kendaraan sebelum nantinya dipakai.

2. Pastikan Kondisi Tubuh Sehat

Hal lain yang tidak kalah penting adalah memastikan kondisi badan dalam keadaan sehat. Menjelang hari keberangkatan touring siapkan fisik Anda sebaik mungkin. Tidur cukup dan jaga asupan makanan serta minuman untuk meningkatkan konsentrasi ketika berkendara.

Jangan coba memaksakan diri ketika merasa lelah diperjalanan, berhenti sejenak untuk istirahat guna memulihkan kembali tenaga dan konsentrasi.

Baca juga: Ini tips aman mengendarai sepeda motor saat berpuasa

3. Kenali Rute Perjalanan

Memahami kondisi dan karakter jalan yang akan dilewati merupakan salah satu cara untuk meminimalisir resiko kecelakaan dijalan. Karena dengan mengetahui rute yang akan dilewati kita dapat menghindari atau berkendara dengan penuh kehati-hatian saat melintas di daerah yang rawan kecelakaan.

Seperti jalan berlubang, tikungan tajam, tanjakan dan turunan curam hingga wilayah yang minim penerangan dan rambu lalu lintas. Dan jika memang minim informasi terkait jalur touring, manfaatkan teknologi GPS atau digital maps untuk mendapat sedikit gambaran rute.

4. Patuhi Rambu Lalu Lintas & Marka Jalan

Salah satu penyebab tingginya angka kecelakaan di jalan adalah karena minimnya kesadaran pengendara untuk mau mematuhi rambu lalu lintas dan marka jalan. Padahal, dengan mau mengikuti rambu.

Baca juga: Cara 'riding' yang benar agar tak mudah lelah

Baca juga: Hal yang harus diperhatikan jika terpaksa berkendara menerjang hujan

Baca juga: Tips aman riding saat aman musim hujan