Pemkot Palangka Raya targetkan vaksinasi 64.183 petugas publik dan lansia

id Pemkot Palangka Raya targetkan vaksinasi 64.183 petugas publik dan lansia, Kalteng, Palangka Raya

Pemkot Palangka Raya targetkan vaksinasi 64.183 petugas publik dan lansia

Dokumentasi. Seorang warga mengikuti vaksinasi COVID-19 beberapa waktu lalu di Kota Palangka Raya. ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah menargetkan memvaksin COVID-19 terhadap 64.183 petugas pelayanan publik dan orang lanjut usia (lansia).

"Untuk target total vaksin COVID-19 bagi para tenaga kesehatan, lansia dan petugas pelayanan publik sebanyak 64.183 orang," kata Kepala Bidang Perencanaan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinkes Kota Palangka Raya Irma Afsesta, Senin.

Dia mengatakan sampai kemarin realisasi vaksin COVID-19 untuk dosis pertama sebanyak 41.896 orang telah divaksin, sementara realisasi untuk dosis kedua sebanyak 28.422 sasaran telah divaksin.

Untuk mencapai target vaksin COVID-19 terhadap tiga sasaran tersebut saat ini petugas juga terus melakukan vaksinasi baik yang dilakukan di pusat layanan kesehatan maupun dilakukan secara jemput bola.

Saat ini Pemerintah Kota Palangka Raya juga terus melakukan berbagai upaya untuk mempercepat capaian target vaksin COVID-19 diantaranya seperti jemput bola di wilayah pinggiran. Kemudian, juga dengan melaksanakan program vaksin mekanisme dua banding satu.

Melalui program ini masyarakat umum di wilayah setempat dapat memperoleh layanan vaksin COVID-19 secara gratis, sepanjang membawa dua orang usia di atas 50 tahun ke fasilitas kesehatan untuk divaksin.

Program vaksinasi COVID-19 mekanisme dua banding satu ini yakni untuk satu orang masyarakat umum usia 18-49 tahun dapat menerima vaksin COVID-19 bila membawa dua orang usia 50 tahun ke atas ke fasilitas pelayanan kesehatan untuk mendapatkan vaksin.



Kemudian pada Juli mendatang Pemerintah "Kota Cantik" juga mulai membuka layanan vaksin COVID-19 secara gratis bagi warga di kota setempat yang memiliki usia 18 tahun lebih.

Vaksinasi di berbagai tempat baik di dalam kota maupun di wilayah luar kota ini agar vaksinasi COVID-19 ini semakin merata sehingga penduduk semakin terlindungi dari ancaman penyebaran virus tersebut.

Sementara itu sampai Minggu (13/6) kemarin Satgas COVID-19 Palangka Raya mencatat akumulasi pasien sembuh dari paparan COVID-19 di kota setempat mencapai 6.190 orang.

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 di Palangka Raya menyasar masyarakat umum

Satgas juga mencatat penambahan 24 kasus positif COVID-19 sehingga akumulasi warga yang positif terjangkit virus tersebut mencapai 6.748 orang.

Selain itu tercatat 351 orang saat ini masih dinyatakan positif dan masih menjalani perawatan atau sebanyak 5,20 persen dari total kasus positif.

Dari seluruh kasus COVID-19 yang ada juga tercatat jumlah kematian pasien sebanyak 207 orang meninggal dunia. Sementara masyarakat yang berstatus suspek COVID-19 tercatat 1.234 orang.

Untuk itu masyarakat yang menjadi sasaran dan masuk kriteria juga agar mau divaksin untuk memperkuat kekebalan tubuh untuk menangkal penyebaran COVID-19.

Baca juga: Jamin pelayanan prima, BPN Palangka Raya ingatkan masyarakat tak gunakan jasa calo

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar