Pengurus koperasi di Mura dibekali pelatihan dasar pelaporan keuangan

id Pengurus koperasi di Mura dibekali pelatihan dasar pelaporan keuangan, Mura, murung raya, koperas

Pengurus koperasi di Mura dibekali pelatihan dasar pelaporan keuangan

Kegiatan pelatihan dasar pelaporan keuangan akuntansi koperasi manajemen usaha dan pemasaran, di Puruk Cahu, Senin (14/6/2021). ANTARA/Supriadi

Puruk Cahu (ANTARA) - Pengurus sejumlah koperasi di Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah diberikan pelatihan dasar pelaporan keuangan akuntansi koperasi manajemen usaha dan pemasaran.

"Saya mengapresiasi kepada PT IMK yang menyelenggarakan kegiatan ini, dan kepada masyarakat yang dipercaya mengikuti pelatihan ini agar bisa tetap fokus supaya ilmu yang diberikan bisa diserap dan diterapkan dalam menjalankan koperasi," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Murung Raya, Hermon di Puruk Cahu, Senin.

Pelatihan yang berlangsung di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Tira Tangka Balang tersebut diikuti oleh 15 peserta. Pelaksanaan kegiatan ini didukung oleh perusahaan tambang PT Indo Muro Kencana (IMK).

Penyelenggara mendatangkan tenaga ahli atau tenaga pengajar dari Universitas Palangka Raya (UPR) sebagai narasumber atau pemateri pelatihan tersebut. Narasumber berkompeten yang dihadirkan dapat memberikan ilmu yang berharga bagi peserta dalam manajemen pengelolaan koperasi.

Hermon meminta kepada peserta untuk mengikuti kegiatan dengan baik agar tujuan koperasi bisa berjalan dengan baik untuk meningkatkan perekonomian semua anggota koperasi.

Baca juga: Seorang pria di Mura ditangkap dengan barang bukti satu kilogram ganja

Menurut Hermon, saat ini penguasaan manajemen harus diperdalam oleh pengurus koperasi di Murung Raya, sebab bagaimana pun besarnya koperasi bila tidak diisi dengan bagusnya manajemen dipastikan akan kolaps atau bangkrut.

“Yang tidak kalah penting adalah masalah pemasaran. Contohnya seperti koperasi getah karet yang berada di Desa Mangkahui Kecamatan Murung. Tentu getah karet yang dikumpulkan harus jelas kemana pemasarannya,” tambah Sekda.

Sementara itu Ketua Panitia kegiatan, Jilap, menjelaskan tujuan pelaksanaan pelatihan itu untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam mengelola laporan keuangan sebagai sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban dari para pengurus koperasi kepada anggotanya.

"Termasuk bagaimana menjalankan manajemen koperasi agar berjalan dengan baik dan bisa membuka pangsa pasar produk koperasi kepada masyarakat sekitar," demikian Jilap.

Baca juga: Gubernur Kalteng harapkan vaksinasi di Mura konsisten

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar