Baru 26,95 persen, Pemkab Seruyan diminta optimalkan realisasikan PAD

id Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Argiansyah, DPRD Kabupaten Seruyan, Kabupaten Seruyan, DPRD Seruyan, Seruyan, PAD Seruyan, realisas

Baru 26,95 persen, Pemkab Seruyan diminta optimalkan realisasikan PAD

Anggota DPRD Seruyan Argiansyah (kiri) dan rekannya saat mengadakan rapat di Kuala Pembuang, kemarin. ANTARA/HO-Publikasi DPRD Seruyan

Kuala Pembuang (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Argiansyah mengingatkan sekaligus meminta kepada Pemerintah setempat, agar bekerja lebih optimal lagi dalam merealisasikan target Pendapatan Asli Daerah tahun 2021.

Permintaan itu karena realisasi PAD sampai saat ini berdasarkan Laporan dari Badan Pengelola Perpajakan dan Retribusi Daerah (BPPRD) baru di angka 26,95 persen, kata Argiansyah di Kuala Pembuang, Rabu.

"Realisasi PAD sampai saat ini baru sekitar 26,95 persen atau Rp37 miliar. Dalam artian masih kurang sekitar 100 miliar dari target yang ditentukan, yakni Rp137 miliar," beber dia.

Dikatakan informasi realisasi PAD itu disampaikan BPPRD Seruyan dalam rapat pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda), tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Seruyan Tahun Anggaran 2020.

Argiansyah pun mengatakan kerja keras dari dinas terkait sangat diperlukan, agar realisasi PAD Seruyan bisa sesuai dan mencapai target yang telah ditentukan dalam tahun anggaran ini.

"Dengan tercapai nya target tersebut dapat merujuk pada kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Seruyan," kata dia.

Jika dilihat dari sisa waktu anggaran tahun berjalan, dirinya menilai memang sedikit berat untuk memenuhi target realisasi PAD tersebut. Walaupun demikian  pihak terkait agar bisa terus melakukan berbagai macam upaya pengoptimalan.

"Kita minta langkah-langkah strategis itu terus dilakukan dengan harapan itu bisa sesuai dengan target yang telah ditetapkan, manfaatkan sisa waktu tahun anggaran yang masih tersisa," kata Argiansyah.

Baca juga: PBS di Seruyan diminta jalin kemitraan bersama masyarakat

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu menambahkan bahwa dirinya meyakini dengan waktu yang tersisa di tahun anggaran 2021 ini, Pemkab Seruyan mampu untuk mencapai target tersebut dengan berbagai inovasi-inovasi.

"Kerja sama dari semua pihak juga sangat diperlukan untuk mewujudkan hal tersebut, karena ini untuk kepentingan dan pembangunan daerah jadi sudah menjadi kewajiban kita terus berupaya untuk memaksimalkannya," demikian Argiansyah.

Baca juga: Pansus DPRD Seruyan bahas Raperda LPJ pelaksanaan APBD tahun 2020

Baca juga: DPRD pertanyakan kendala operasional pembangkit listrik Suling Tambun

Baca juga: Pansus DPRD Seruyan: Maksimalkan penyerapan PBB