Legislator Palangka Raya ajak warga bantu penuhi kebutuhan darah

id Legislator Palangka Raya ajak warga bantu penuhi kebutuhan darah, Kalteng, Palangka raya, PMI, donor darah

Legislator Palangka Raya ajak warga bantu penuhi kebutuhan darah

Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah M Hasan Busyairi. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Ketua I Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah M Hasan Busyairi mengajak masyarakat mendonorkan darah melalui Palang Merah Indonesia setempat sebagai bentuk kepedulian sosial membantu antar sesama masyarakat.
 
"Ketersediaan darah sangat diperlukan dalam penanganan kesehatan, baik untuk donor darah reguler maupun donor darah plasma konvalesen untuk pasien COVID-19," kata Hasan di Palangka Raya, Jumat.
 
Dia mengajak masyarakat di 'Kota Cantik' untuk rutin mendonorkan darahnya ke PMI sebagai bentuk kepedulian dan saling membantu terhadap warga yang memerlukan darah saat berada di rumah sakit.
 
Dengan rutin mendonorkan darah, masyarakat juga membantu target PMI mengumpulkan darah untuk memenuhi cadangan agar tetap aman. Saat ini kebutuhkan darah melalui PMI setempat setiap bulannya sekitar 1.200 kantong.
 
"Semoga saja masyarakat selalu aktif mendonorkan darah di PMI, sehingga daerah kita tidak pernah mengalami kekurangan darah," katanya.
 
Politisi Partai Golkar Kota Palangka Raya itu menegaskan, banyak manfaat donor darah, yakni selain membantu kesehatan orang lain yang membutuhkan transfusi darah, juga berguna untuk kesehatan diri sendiri sebagai pendonor.
 
"Donor darah itu juga menjadi amal untuk bekal di akhirat kelak, karena sifatnya hal tersebut juga membantu orang-orang yang sedang sakit dan memerlukan darah," ucapnya.

Baca juga: Palangka Raya mulai operasionalkan Anjungan Dukcapil Mandiri
 
Hasan mengingatkan, waspadai kemungkinan adanya oknum calo darah dengan berbagai cara. Perbuatannya oknum tersebut orientasinya hanya mencari keuntungan pribadi.
 
"Salah satunya dengan memanfaatkan mengenai hal tersebut, misal memerlukan darah A atau B untuk seseorang, namun setelah diberikan darah tersebut dijual kepada keluarga pasien yang sedang memerlukan darah," ungkap Hasan.
 
Sementara itu, Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Palangka Raya akan mengadakan kegiatan donor darah dalam rangka hari Donor darah sedunia yang jatuh pada tanggal 14 Juni 2021 kemarin.
 
Harapan pihak PMI setempat, dalam kegiatan yang direncanakan akan dilaksanakan selama dua hari itu baik untuk masyarakat umum dan para Aparatur Sipil Negara (ASN), dapat mengisi target kantong darah yang diperlukan per bulannya sekitar 1.200 kantong lebih itu.
 

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar