Pemkab manfaatkan dana CSR menopang pembangunan Bartim

id Sekretaris Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Panahan Moetar, Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Barito Timur, Barito Tim

Pemkab manfaatkan dana CSR menopang pembangunan Bartim

Sekda Pemerintah Kabupaten Barito Timur Panahan Moetar. ANTARA/ Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Sekretaris Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Panahan Moetar menyatakan bahwa pihaknya benar-benar memanfaatkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggungjawab sosial perusahaan yang beroperasi di wilayah setempat, untuk menopang sekaligus membantu memajukan pembangunan daerah.

"Pembangunan dari program CSR itu pendidikan, kepemudaan, olahraga, sosial budaya, dan kegiatan - kegiatan lain mendukung pemerintah di daerah sesuai peruntukan," kata Panahan di Tamiang Layang, Minggu.

Menurutnya, Pemkab Bartim saat ini sedang mengatur strategi untuk mempercepat progress pelaksanaan pembangunan melalui program CSR pada tahun 2021 ini bisa terealisasi dengan cepat dan sesuai harapan masyarakat.

Dia mengatakan Pemkab Bartim telah mengundang beberapa perusahaan yang menyediakan anggaran CSR untuk pembangunan Bartim. Dalam pertemuan dilakukan pembahasan bersama sehingga disepakati fokus program yang akan direalisasikan.

"Saat ini masih dalam proses pembahasan bersama termasuk besaran anggaran yang akan digelontorkan. Pemkab Bartim akan terus mengenjot dan mengharapkan bisa berjalan lancer," kata Panahan lagi.

Mantan Kepala Bappeda Bartim itu menambahkan, Pemkab Bartim menyusun kebijakan dalam prioritas pembangunan yang sesuai dengan ketentuan CSR. Tidak menutup kemungkinan pada cakupan di kabupaten sesuai kebijakan memberikan manfaat kepada masyarakat luas.

Baca juga: RSUD Tamiang Layang berkomitmen berusaha optimal melayani pasien COVID-19

Dicontohkan Panahan, pada bidang kesehatan. Perusahaan bisa membantu dalam sarana dan prasarana penanganan dan penanggulangan COVID - 19 dan urusan stunting. Selain itu, pada bidang pendidikan berupa beasiswa hingga bidang ekonomi kerakyatan melalui pembinaan UMKM mulai permodalan, produksi hingga pemasaran yang disertai penambahan pengetahuan, wawasan, dan pengalaman melalui pelatihan SDM.

Untuk fokus ekonomi kerakyatan yang ditopang CSR melalui pembinaan berada pada area operasional kerja perusahaan tersebut seperti di Kecamatan Benua Lima Dan Dusun Timur saja.

"Pada bidang UMKM ini sangat menopang sekali program ekonomi kerakyatan yang menjadi program andalan Bupati Bartim Ampera AY Mebas," demikian Panahan.

Baca juga: Pemkab Bartim terus genjot vaksinasi COVID-19

Baca juga: Bupati tetap pertahankan Desa Dambung bagian dari Barito Timur

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar