Meriahkan HUT kabupaten, Barito Utara gelar vaksinasi massal

id balai antang,muara teweh,hut kabupaten,kalteng,vaksin massal barut

Meriahkan HUT kabupaten, Barito Utara  gelar vaksinasi massal

Pemkab Barito Utara melalui Dinkes setempat melaksanakan vaksinasi massal tahap kedua dengan sasaran vaksinasi lansia, pelayan publik dan guru, di gedung Balai Antang Muara Teweh,Senin (21/6/2021).ANTARA/Dokumen pribadi

"Bagi yang belum supaya bisa mendaftarkan diri, karena vaksin ini sangat baik untuk diri kita sendiri,"
Muara Teweh (ANTARA) - Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Barito Utara ke-71, HUT Kodam XII/TPR ke 63 dan HUT Bhayangkara ke-75, Pemerintah Kabupaten Barito Utara kembali melaksanakan vaksin massal yang diikuti seluruh lapisan masyarakat di daerah ini  di gedung Balai Antang Muara Teweh, Senin.

Seorang lansia Hj Renata yang ikut vaksinasi massal dalam rangka HUT Kabupaten Barito Utara, HUT Kodam dan HUT Bhayangkara mengatakan, vaksinasi ini sangat baik untuk mencegah penularan COVID-19 dan tidak mengalami kendala usai di vaksin. 

"Kalau kita kan sudah vaksin yang kedua dan tidak ada kendala, cuman ada rasa ngantuk usai di suntik dan saya bawa istirahat,” katanya usai di vaksin.

Dia mengatakan, vaksinasi ini diharuskan bagi masyarakat yang belum divaksin. Dimohon supaya mendaftarkan diri dan jangan takut karena ini untuk kesehatan diri dan untuk karyawan rumah makan dan lainnya. 

"Bagi yang belum supaya bisa mendaftarkan diri, karena vaksin ini sangat baik untuk diri kita sendiri," kata dia.

Kepala Dinas Kesehatan setempat H Siswandoyo melalui Kepala Seksi Surpelen Imunisasi Kesehatan Haji dan KLB pada Dinas Kesehatan setempat Basirun mengatakan menindaklanjuti amanat dari Kapolri dalam rangka kegiatan HUT Kabupaten Barito Utara, HUT Bhayangkara dan HUT Kodam TPR dilaksanakan vaksinasi massal.

“Vasinasi massal ini adalah pentahapan kedua untuk penjaringan kategori orang lanjut usia (Lansia), pelayan publik dan guru,” kata Basirun.

Dikatakan Basirun, pelaksanaan vaksinasi massal tahap ke kedua ini dilaksanakan selama satu minggu dan sasaran utama adalah lansia. 

"Pelaksanaan vaksinasi massal ini dilaksanakan kurang lebih satu minggu dari Senin tanggal 21 hingga  28 Juni 2021,” ucap Basirun.

Kegiatan vaksinasi masal ini dilaksanakan setiap hari. 

"Dan kegiatannya dilaksanakan setiap hari mulai pukul 08.00 sd pukul 13,00 WIB di gedung pertemuan Balai Antang," ungkapnya.

Dia mengatakan, kegiatan vasksin massal ini juga melaksanakan dosis dua yang sudah sampai masa intervalnya selama 28 hari. 

“Saat ini kita menggunakan vaksin Astrazeneca dan sebagian ada juga yang Sinovac, karena  memang vaksin kedua mereka Sinovac,” kata H Basirun.

Lebih lanjut Basirun, untuk vaksinasi massal yang di distribusikan adalah vaksin Astrazeneca. 

"Mudah-mudahan kalau memang vaksin untuk Kabupaten Barito Utara banyak maka sasaran kita juga akan lebih banyak lagi, karena sampai saat ini masih terbatas dari 1.162 sasaran dosis pertama kemaren hingga saat ini yang ada  didistribusikan oleh Dinas Kesehatan provinsi hanya 3.000," kata dia.

Ditambahkannya, Dinas Kesehatan Barito Utara sedikit kesulitan untuk menstribusikan untuk membagi per Puskesmas karena dari satu kabupaten ini ada ada 17 Puskesmas. 

“Dimana dari 17 Puskesmas itu pencapaiaannya tidak sama rata sehingga untuk pendistribusian vaksin sebagian puskesmas yang sedikit ada yang banyak sesuai dengan target sasaran capaian dosis pertama tadi,” jelas dia.

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar