Pemkab Barut kenalkan maskot daerah pada HUT kabupaten ke-71

id maskot barito utara,hut kabupaten,barito utara,kalteng

Pemkab Barut  kenalkan maskot daerah pada HUT kabupaten ke-71

Maskot HUT Kabupaten Barito Utara ke-71 tahun 2021.ANTARA/HO-Diskominfosandi Barut

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, merilis logo yang peringatan Hari Ulang Tahun ke-71 pada 29 Juni 2021 nanti yang bergambar maskot daerah setempat  yaitu fauna jenis Rusa Sambar Kalimantan dan flora Tabat Barito.

"Rusa Sambar Kalimantan dan Tabat Barito yang ada dalam maskot tersebut merupakan salah satu kebanggaan masyarakat kalimantan terutama Barito Utara, keduanya menjadi maskot kabupaten sejak 2018 lalu," kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Barito Utara Mochamad Ikhsan melalui Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Mujiburrahman di Muara Teweh, Rabu.

Menurut dia, pihaknya mengajak masyarakat mengenal maskot tersebut agar lebih peduli dengan lingkungan serta mengambil pelajaran dari keduanya yang menggambarkan kekuatan, kesehatan, serta pertumbuhan meningkat yang mana sangat sesuai tema yang diusung Pemkab Barito Utara.

"Logo HUT Barito Utara ke-71 itu dibuat oleh panitia dan disetujui oleh Bupati H Nadalsyah, karena sesuai dengan harapan kita akan Barito Utara," kata dia yang akrab dipanggil Jibuy ini.
 
Jibuy mengatakan panitia persiapan HUT ke-71 Kabupaten Barito Utara merilis logo serta mengajak masyarakat untuk lebih mengenal kedua maskot kebanggaan daerah tersebut.

"Rusa Sambar atau lebih dikenal masyarakat di daerah ini sebutan menjangan atau bajang yang merupakan mamalia jenis rusa terbesar pada habitat beriklim tropis," kata dia.

Dia mengatakan menjangan merupakan hewan bertanduk yang memulai pertumbuhan tanduknya pada umur 14 bulan. Kemudian tanduk tersebut akan lepas setelah 10-12 bulan setelah tumbuh lalu bertumbuh kembali menjadi tanduk dewasa nan kokoh yang mana juga menggambarkan secara harfiah tema untuk HUT ke-71 yaitu "Barito Utara Kuat, Masyarakat Sehat, Pertumbuhan Ekonomi Meningkat".

Sedangkan untuk tumbuhan Tabat Barito adalah tumbuhan merambat yang tumbuh di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito. Dimana tumbuhan ini bermanfaat sebagai obat dan diolah menjadi jamu tradisional daerah.

"Keunikan pola pada lembar daunnya dan bunga pada ketika daunnya menjadikan Tabat Barito sebagai hiasan dekorasi rumah berupa tanaman hias. Multiguna pada tumbuhan ini selaras dengan tema yang diusung pada HUT ke-71 Kabupaten Barito Utara pada tahun 2021," ujar dia.