RSUD Tamiang Layang sudah memiliki mesin PCR

id RSUD Tamiang Layang sudah memiliki mesin PCR, Kalteng, Bartim, barito timur

RSUD Tamiang Layang sudah memiliki mesin PCR

Situasi RSUD Tamiang Layang masih ramai pengunjung pada Rabu (23/6/2021). RSUD Tamiang Layang merupakan salah satu fasilitas kesehatan daerah yang menjadi andalan dalam melayani masyarakat meski situasi pandemi COVID-19.  ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang  (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah Tamiang Layang, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah kini memiliki mesin Polymerase Chain Reaction (PCR) sehingga sangat membantu dalam penanganan COVID-19, khususnya dalam tes dan pelacakan COVID-19 sehingga penyebarannya bisa ditekan. 

“Kita akan segera memanfaatkannya untuk penanganan COVID-19 di Bartim,” kata Direktur RSUD Tamiang Layang dr Vinny Safari melalui Kepala Seksi Pelayanan Medik dr Stepanus Eko Adi di Tamiang Layang, Rabu.

Menurutnya, dengan adanya mesin PCR maka penanganan untuk warga yang terkena atau terpapar COVID-19 bisa lebih cepat, tepat dan maksimal. Mesin PCR bisa menegakkan diagnosis pasti COVID-19 sehingga bisa dilakukan penanganan secara cepat terhadap warga yang terpapar virus mematikan tersebut.

Mesin PCR yang sudah tiba tersebut disimpan di ruang laboratorium RSUD Tamiang Layang. Operasionalnya akan diawasi secara khusus oleh dokter spesialis. 

Terkait izin operasional, kata dia, RSUD Tamiang Layang telah melakukan persiapan dan saat ini sedang dalam tahapan proses pengajuan ke Kementerian Kesehatan RI di Jakarta. Pekan pertama Juli akan dilakukan uji coba fungsi mesin PCR.

Baca juga: Wabup Bartim dukung pencanangan Lewu Anti Narkoba

“Dengan berfungsinya mesin PCR yang kita miliki, kita tidak perlu lagi mengirim hasil sampel swab ke luar daerah untuk pemeriksaan. Kita sudah bisa melaksanakan swab massal,” kata dr Eko.

RSUD Tamiang Layang telah memiliki pelayanan dalam rapid antigen dan GeNose. Dengan bertambahnya mesin PCR, layanan RSUD Tamiang Layang akan dimaksimalkan untuk menjadi andalan untuk penanganan COVID-19.

Meningkatnya pelayanan RSUD Tamiang Layang, kata dia, tidak lepas dari peranan Bupati Bartim Ampera AY Mebas yang memberikan dukungan dan pemikirannya

“Kami juga mengimbau agar masyarakat Bartim tetap waspada dalam menghadapi COVID-19 dengan menaati protokol kesehatan yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas,” demikian dr Stepanus Eko Adi.

Baca juga: Pemkab manfaatkan dana CSR menopang pembangunan Bartim