Dua terduga pelaku pungli di panti asuhan ditangkap polisi

id Padang,pelaku pungli di panti asuhan,Dua terduga pelaku pungli di panti asuhan ditangkap polisi,Polsek Padang Utara,Sumbar,Sumatera Barat

Dua terduga pelaku pungli di panti asuhan ditangkap polisi

Ilustrasi - Pungli

Padang (ANTARA) - Kepolisian Sektor (Polsek) Padang Utara, Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menangkap dua pelaku yang diduga melakukan pungutan liar (pungli) terhadap panti asuhan di Kelurahan Ulak Karang Utara, Padang.

"Kedua pelaku kami amankan karena diduga melakukan premanisme serta pemalakan di panti asuhan," kata Kepala Kepolisian Resor Kota Padang Kombes Pol Imran Amir di Padang, Rabu.

Kedua pelaku yang diamankan ke Kantor Polsek Padang Utara adalah A (39) dan AM (47), sementara satu lainnya masih dalam pencarian (DPO).

"Kasus ini masih kami kembangkan dan pelaku tengah menjalani pemeriksaan," katanya.

Imran Amir mengatakan keduanya diduga telah melakukan pemalakan di Panti Asuhan Rumah Singgah dan Thafidz Jasmine Nabila Inayah.

Panti tersebut beralamat di Jalan Sumatera Nomor E/7, Kelurahan Ulak Karang Utara, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang.

Dari keterangan ketua panti asuhan diduga telah terjadi pemalakan pada bulan Ramadhan lalu. Modusnya adalah dengan meminta "bagian" dari bantuan donatur yang diterima oleh panti asuhan.

Pihak panti terpaksa memberikan bantuan dari donatur kepada pemuda tersebut berupa minuman kemasan sebanyak 8 botol.

Selama bulan puasa pemuda tersebut datang ke panti sebanyak tiga kali meminta bantuan.

"Selain dari itu juga ada pula beberapa pemuda yang meminta bantuan ke pihak panti pada saat bulan puasa dengan alasan untuk memperbaiki drainase," katanya.

Pihak panti lalu menolak permintaan tersebut, yang berujung keluarnya ancaman terhadap pihak panti. Ancamannya berbunyi, "Apabila panti asuhan tidak mau membayar, jangan salahkan kami apabila ada terjadi apa-apa di panti ini."

Setelah mendapatkan informasi tersebut kepolisian langsung menindaklanjuti dengan menurunkan tim gabungan Unit Reskrim dan Intelkam Polsek Padang Utara untuk melakukan penindakan.