Dinsos Kapuas optimalkan persiapan pembentukan Puskesos-SLRT

id Pemkab kapuas, kuala kapuas, dinsos kapuas, budi kurniawan, direktorat pemberdayaan sosial ri, kemensos, kalteng, kalimantan tengah

Dinsos Kapuas optimalkan persiapan pembentukan Puskesos-SLRT

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan (kanan) menyerahkan cendaramata kepada Direktorat Pemberdayaan Sosial RI, di Kuala Kapuas, Kamis (24/06/2021). ANTARA/All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah menggelar sosialisasi persiapan pembentukan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) dan Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) di daerah setempat.

“Fungsinya untuk memberikan informasi, melayani keluhan pengaduan masyarakat terkait pelayanan sosial,” kata Kepala Dinas Sosial Kapuas, Budi Kurniawan, Kamis.

Dalam sosialisasi pembentukan Puskesos-SLRT ini, diketahui Kapuas ditunjuk sebagai proyek percontohan dari 140 kabupaten dan kota se-Indonesia yang difasilitasi Kementerian Sosial Republik Indonesia, melalui Direktorat Pemberdayaan Sosial.

"Puskesos-SLRT sangat membantu masyarakat untuk mendapat informasi, hingga pengaduan dan keinginan masyarakat terkait bantuan sosial," terangnya.

Menurutnya, Puskesos-SLTR ini sangat bermanfaat, terlebih akses data yang terintegrasi dengan pemerintah daerah melalui OPD yang terkoneksi dengan pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial RI.

"Hari ini kami melatih peserta dari Kelurahan Selat Dalam, Kecamatan Selat dan Desa Saka Lagun, Kecamatan Pulau Petak sebagai lokasi Puskesos-SLRT pada 2021," katanya.

Dipilihnya satu kelurahan dan satu desa saja, karena Selat Dalam sudah memiliki Program Patuh Salam sebagai cikal bakal terkoneksi dengan Puskesos-SLRT. Demikian juga Desa Saka Lagun, pemerintah desanya sangat aktif untuk verifikasi dan validasi data BPKS pada 2020.

"Kami berikan penghargaan bagi mereka untuk mengikuti Puskesos-SLRT dengan pertimbangan, Kelurahan Selat Dalam aktif melakukan pelayanan satu pintu, begitu juga Desa Saka Lagun dalam keaktifan mereka verifikasi dan validasi data," demikian Budi Kurniawan.

Sosialisasi Puskesos-SLRT tersebut, dibuka secara resmi oleh Kadinsos Kapuas, Budi Kurniawan dan dihadiri perwakilan Direktorat Pemberdayaan Sosial RI.