Pemprov-Dekranasda Kalteng bantu pelaku usaha kuliner bangkit

id Pemprov kalteng, dekranasda kalteng, kadisdaperin, aster bonawaty, dinas perdagangan dan perindistrian kalteng, disdagperin, pelaku usaha, covid 19, b

Pemprov-Dekranasda Kalteng bantu pelaku usaha kuliner bangkit

Kadisdagperin Kalteng Aster Bonawaty (kiri) pada kegiatan Pojok Dekranasda Festival Kuliner, Palangka Raya, Sabtu, (26/6/2021). (ANTARA/Ho-MMC Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah berkolaborasi dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) membantu pelaku usaha kuliner di wilayah setempat untuk bangkit di tengah kondisi pandemi yang masih terus berlangsung.

"Upaya itu kami wujudkan dengan menggelar Pojok Dekranasda Festival Kuliner bertempat di Central Borneo Souvenir," kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kalteng Aster Bonawaty di Palangka Raya, Sabtu malam.

Pojok Dekranasda Festival Kuliner ini, menjadi wadah baik bagi pelaku usaha industri kecil menengah (IKM) maupun usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar tetap bisa mempromosikan serta memasarkan produk secara maksimal.

Dalam kegiatan tersebut pihaknya tak hanya menyediakan fasilitas atau tempat bagi pelaku usaha menjual produknya, namun juga membantu memasarkannya.

Wanita yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kalteng ini menyampaikan, kendala umum yang dihadapi pelaku usaha di masa pandemi adalah pemasaran produk, maka pihaknya upayakan membantu mengatasinya.

Baca juga: Dekranasda Kalteng dorong peningkatan jangkauan pasar UMKM

Baca juga: Pemprov dan Dekranasda Kalteng optimalkan pengembangan kerajinan getah nyatu


Aster mencontohkan, bantuan dimaksud, seperti menyediakan lapak-lapak untuk melakukan pemasaran dan promosi, hingga mendampingi pelaku usaha untuk mengoptimalkan pemanfaatan daring atau online, melalui ragam media yang tersedia.

"Gagasan adanya Pojok Dekranasda ini hadir dari Ketua Dekranasda Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran," tuturnya.

Menurutnya, Ketua Dekranasda Kalteng ingin agar pelaku usaha khususnya di bidang kuliner bisa benar-benar bangkit di masa pandemi COVID-19, sehingga perekonomian bisa bergerak dan tumbuh lebih baik lagi.

Tentunya semua dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara disiplin, baik oleh para pelaku usaha maupun pengunjung. Seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak serta menjauhi kerumunan.

Selain itu salah satu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan didalamnya, yakni bincang malam bersama para pemangku kepentingan, baik dari pihak perbankan dan lainnya.

Selain sebagai ajang silaturahmi, juga bermanfaat untuk memberikan dukungan, berbagai masukan, serta menyinergikan program dan kegiatan baik antara instansi atau lembaga, maupun pelaku usaha.

Baca juga: Bupati ingin Dekranasda Gumas perkuat jaringan pasar

Baca juga: Dekranasda gelar perlombaan kembangkan desain batik Lamandau