JKN-KIS menjadi harapan warga Barut ini dalam menjalani pengobatan

id bpjs kesehatan muara teweh ,poli jantung,rsud muara teweh,warga lemo

JKN-KIS menjadi harapan warga Barut ini dalam  menjalani pengobatan

Tona berbincang dengan petugas BPJS SATU (Siap Membantu) saat menunggu antrean saat berobat di Poli Jantung RSUD Muara Teweh, Rabu (3/2/2021).ANTARA/HO-BPJS Kesehatan Muara Teweh.

Muara Teweh (ANTARA) - Menunggu antren saat berobat di Poli Jantung RSUD Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Tona panggilan akrab Tonadiannor (61) berbincang dengan petugas BPJS SATU (Siap Membantu) dan membagikan pengalamannya selama mengakses layanan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), Rabu.

Terdaftar sebagai peserta dari segmen bukan pekerja program JKN-KIS tepatnya sebagai pensiunan PNS Daerah. Tona bercerita program JKN-KIS sangat bermanfaat dan terbukti menghilangkan kekhawatiran akan besarnya biaya kesehatan dan memberikan kemudahan dalam mengakses layanan kesehatan.

"Pengalaman pertama itu dua tahun yang lalu, dari pemeriksaan saya didiagnosa penyakit jantung dan dari RSUD Muara Teweh harus dirujuk ke RSUD Ulin Banjarmasin dengan pengobatan yang terus berjalan sampai dengan sekarang," ucap Tona.

Setelah pengobatan dua tahun, pada tahun 2020 Tona harus menjalani operasi pemasangan ring jantung.

"Tahun lalu (2020) pernah dioperasi untuk pasang dua ring di bagian jantung. Bersyukur sekali dapat berjalan dengan lancar dan untuk biaya ditanggung dari program JKN-KIS. Tidak terbayangkan besarnya biaya jika harus dibayar sendiri, pelayananannya juga memuaskan,” kata warga asal Desa Lemo tersebut.

Hingga kini Tona secara rutin harus kontrol ke poli Jantung RSUD Muara Teweh tanpa dikenakan biaya dan berharap program JKN-KIS dapat dirasakan juga manfaatnya bagi mereka yang membutuhkan layanan kesehatan.

"Kalau dari pengalaman sendiri jelaslah program JKN-KIS ini besar dan nyata manfaatnya, biaya yang ditanggung dari pengobatan saya dari pemeriksaan rutin hingga operasi menjadi harapan juga bagi orang lain yang membutuhkan perawatan yang sama, semoga bagi mereka yang membutuhkan layanan kesehatan khususnya bagi yang terkendala ekonomi program JKN-KIS selalu ada untuk membantu," tambahnya.

Tona pun menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh peserta program JKN-KIS BPJS kesehatan yang telah rutin dalam membayar iuran untuk membantu sesama.

“Saya ucapkan banyak terima kasih kepada semua peserta yang telah membantu sesama dengan rutin membayar iuran, semoga kita selalu diberikan kesehatan karena iuran yang dibayarkan telah meringankan beban sesama dalam berobat," ujar Tona.