Paus Fransiskus kembali muncul di depan publik

id Paus Fransiskus,Paus Fransiskus kembali muncul di depan publik,pastor, Roma

Paus Fransiskus kembali muncul di depan publik

Paus Fransiskus bereaksi ketika dia memegang kopiah selama audiensi umum mingguan di tengah pandemi penyakit virus corona (COVID-19) di halaman San Damaso di Vatikan, Rabu (9/6/2021). ANTARA FOTO/Vatican Media/­Handout via REUTERS/WSJ. (via REUTERS/VATICAN MEDIA)

Roma (ANTARA) - Paus Fransiskus tampak sehat saat muncul pertama kali di depan publik pada Minggu (11/7) sejak menjalani operasi usus pekan lalu.

Paus berusia 84 tahun itu menampakkan diri di balkon kamar perawatan lantai 10 rumah sakit Gemelli, Roma, untuk memimpin ibadah Angelus dan menyerukan pentingnya perawatan kesehatan gratis bagi masyarakat dunia.

Dia berdiri sekitar 10 menit, membacakan tulisan dan sesekali menambahkan pesan di luar teks yang telah disiapkan.

Paus tampak beberapa kali menarik napas dan suaranya kadang terdengar serak. Saat masih muda di Argentina, dia pernah menjalani operasi pengangkatan sebagian paru-parunya.

Ratusan orang yang berkumpul di ruang terbuka di bawahnya meneriakkan "Viva il Papa!" (Hidup Paus) sambil mengibarkan bendera kebangsaan.

"Senang melihat Paus lagi... suaranya agak bergetar tapi Paus tetaplah Paus dan kami ingin berada di sini," kata pendeta Italia yang menyebut dirinya Pastor Massimiliano.

Dalam pidato yang disampaikan di luar teks, Fransiskus mengatakan layanan kesehatan yang baik mesti tersedia bagi semua orang dan secara cuma-cuma.

"Beberapa hari ini saat aku di rumah sakit, aku melihat lagi betapa pentingnya memiliki sistem layanan kesehatan yang baik dan dapat dijangkau oleh semua, di Italia dan negara-negara lain," kata Paus.

Baca juga: Kondisi Paus Fransiskus kian membaik usai jalani operasi usus

Baca juga: Paus Fransiskus dikabarkan negatif virus corona

Baca juga: Paus Fransiskus absen 'retreat spiritual' prapaskah karena flu