Mengenali dan memahami rekam jejak di era digital

id Pemkab barut, barito utara, indonesia makin cakap digital, gerakan nasional literasi digital, siber kreasi, diskominfo barut, muara teweh, kalteng

Mengenali dan memahami rekam jejak di era digital

Webinar Indonesia Makin Cakap Digital untuk wilayah Barito Utara, Selasa, (13/7/2021). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Masyarakat di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah terus didorong untuk bisa menguasai berbagai hal yang berkaitan dengan teknologi informasi di era digital.

Perwakilan Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Barito Utara Feri Saputra di Muara Teweh, Selasa, mengatakan, salah satu yang harus masyarakat kenali serta pahami yakni mengenai rekam jejak di era digital.

"Jejak digital adalah segala rekaman jejak aktivitas seseorang yang terekam melalui aplikasi maupun perangkat digital seperti rekaman trek GPS, unggahan media sosial bahkan email," katanya.

Hal itu ia sampaikan saat mewakili Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Barito Utara sebagai narasumber dalam webinar Indonesia Makin Cakap Digital.

Lebih lanjut ia menjelaskan, jejak digital merupakan jejak dari semua data digital baik berupa dokumen maupun akun digital. Jejak ini dapat tersedia baik bagi data digital yang tersimpan di komputer atau tersimpan secara daring atau online.

"Apapun tentang anda atau apapun yang anda unggah ke internet, selamanya tersimpan di internet," terangnya.

Untuk itu masyarakat harus berhati-hati berkaitan dengan jejak digital tersebut, sebab salah satu bahayanya adalah digital exposure. Dampaknya berbagai pihak tak bertanggung jawab memiliki akses untuk mencuri data pribadi tanpa diketahui.

Disampaikannya, apa yang menciptakan jejak digital bisa disebut sebagai aset digital. Umumnya aset digital adalah segala konten yang disimpan secara digital.

"Konten yang sedang kita baca, unggahan gambar di media sosial dan semua konten yang kita lihat adalah aset digital," paparnya.

Oleh karenanya Feri Saputra menyarankan agar masyarakat bisa bijak dalam dunia digital, agar rekam jejak yang dimiliki tetap aman.

Lima hal yang bisa dilakukan yaitu memilah informasi yang akan disebar berdampak baik atau buruk, jangan mudah percaya informasi yang tak masuk akal, gunakan sandi yang kuat atau rumit, meninggalkan jejak digital yang positif, serta berkonsultasi jika menerima informasi yang membuat tak nyaman dan tidak aman.

Webinar Indonesia Makin Cakap Digital merupakan gerakan literasi nasional yang dilakukan oleh pemerintah, guna mewujudkan masyarakat di seluruh nusantara agar benar-benar mampu memanfaatkan perkembangan teknologi informasi secara maksimal.