Polda Kalteng gencar edukasi masyarakat tentang bahaya karhutla

id Polda Kalteng gencar edukasi masyarakat tentang bahaya karhutla, Kalteng, Polda,Polda Kalteng, polisi, presisi, Palangka Raya

Polda Kalteng gencar edukasi masyarakat tentang bahaya karhutla

Personel Polda Kalteng yang tergabung di Operasi Bina Karuna melakukan sosialisasi terkait maklumat Kapolda setempat terkait karhutla kepada warga, Rabu (21/7/2021). ANTARA/Humas Polda Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Personel gabungan yang tergabung dalam Operasi Bina Karuna Telabang 2021 Polda Kalimantan Tengah gencar mengedukasi masyarakat untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah setempat dengan membagikan maklumat Kapolda setempat.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo melalui Direktur Binmas Kombes Pol Ebet Gunandar, di Palangka Raya, Rabu, mengatakan, pihaknya menyambangi warga yang sedang beraktivitas di Jalan Adonis Samad dan Jalan Ir Soekarno.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar. Karena apabila ketahuan maka sanksi pidana akan menanti bagi oknum yang melakukan pembakaran lahan tersebut," kata Ebet.

Dia menjelaskan, respons masyarakat terhadap kegiatan tersebut sangat positif. Warga memahami bahwa membakar lahan dengan cara dibakar bisa menyebabkan bencana kebakaran hutan dan lahan.

Kemudian dampak sosial yang akan dirasakan masyarakat juga cukup banyak, apalagi daerah setempat sedang dilanda pandemi COVID-19 yang sudah terjadi lebih dari satu tahun.

"Semoga dengan respons yang diberikan masyarakat, bisa diimplementasikan dalam upaya pencegahan karhutla yang ada di wilayah hukum Polda Kalteng," ungkapnya.

Ditambahkan Pejabat Utama Polda Kalteng itu, saat ini karhutla di provinsi yang memiliki luas dua kali Pulau Jawa itu tidak marak terjadi.

Baca juga: Level status sebaran COVID-19 di Palangka Raya turun

Polda Kalteng selalu mengantisipasi sejak dini. Hal tersebut agar bencana tersebut pada tahun ini benar-benar tidak melanda provinsi setempat.

"Semoga saja tahun ini kita dibebaskan yang namanya bencana karhutla. Kalau bencana karhutla terjadi, maka dampaknya ke masyarakat sangat banyak, baik dari perekonomian hingga kesehatan sedangkan kita sudah dilanda wabah yang banyak memakan korban jiwa selama ini," tandasnya.

Beberapa waktu lalu, personel gabungan Polda Kalteng juga sudah melakukan latihan serta antisipasi terkait bencana karhutla yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

Pihaknya juga sudah ada menangani kasus karhutla yang terjadi di dua lokasi yang ada di Kota Palangka Raya. Namun sampai saat ini pihaknya belum menetapkan tersangka dalam kasus karhutla yang terjadi di kota setempat.

Baca juga: Ketua DPRD minta Pemkot Palangka Raya evaluasi PPKM

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar