Orang tua harus mengetahui penyebab rentannya keselamatan anak di dunia maya

id Pemkot palangka raya, webinar indonesia makin cakap digital, palangka raya, kalteng, siber kreasi, literasi digital

Orang tua harus mengetahui penyebab rentannya keselamatan anak di dunia maya

Webinar Indonesia Makin Cakap Digital wilayah Palangka Raya, Jumat, (23/7/2021). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Para orang tua di era digital saat ini, harus mengetahui apa saja yang menjadi penyebab rentannya keselamatan anak di dunia maya.

"Setidaknya ada empat hal penyebab rentannya keselamatan anak di dunia maya," kata Owner The Crown Clinic dr Fiska Suratmono saat menjadi narasumber Webinar Indonesia Makin Cakap Digital wilayah Palangka Raya, Jumat.

Penyebab rentannya hal itu, meliputi rendahnya pengawasan orang tua. Dalam hal ini terkadang para orang tua merasa gagap teknologi dan cenderung tidak mau belajar.

Penyebab lainnya yang harus diperhatikan, seperti pengaruh teman atau lingkungan sekitar, hubungan komunikasi yang tidak baik antara orang tua dan anak, serta tidak adanya aturan penggunaan internet.

Untuk itu, para orang tua sebelum memberikan gawai atau gadget kepada anak, diharapkan dapat terlebih dahulu mendiskusikan terkait kebutuhan.

"Tanamkan pemahaman bahwa membeli atau memiliki sesuatu harus berdasarkan kebutuhan, bukan karena tren," jelasnya.

Kemudian hal lain yang perlu didiskusikan adalah mengenai tanggung jawab anak, yakni tegaskan adanya konsekuensi apabila internet terbukti disalahgunakan.

Terakhir yakni mendiskusikan risikonya, yakni memahami tentang penyalahgunaan, risiko ataupun hal negatif yang dapat timbul dari penggunaan gawai maupun internet.

"Ingatkan anak untuk menceritakan kepada orang tua tentang hal apa saja yang membuatnya merasa tidak nyaman saat menggunakan gawai atau internet," tuturnya.

Lebih lanjut disampaikannya, untuk itulah para orang tua harus bisa mempersiapkan sebaik mungkin, dengan mempelajari manfaat internet, mempelajari ragam situs maupun aplikasi di internet, termasuk perangkat digital maupun sistem operasinya.

Adapun webinar Indonesia Makin Cakap Digital merupakan gerakan literasi nasional digital yang dicanangkan pemerintah, agar masyarakat semakin cakap digital.

Dalam kegiatan ini Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin berpesan, agar masyarakat mampu memaksimalkan webinar-webinar yang diselenggarakan untuk memperkaya pengetahuan dan meningkatkan kemampuan digitalisasi.