Raup keuntungan dari bisnis dan pekerjaan ini di dunia digital

id Indonesia makin cakap digital, barito selatan, buntok, kalteng, tren bisnis, tren pekerjaan, dunia digital, literasi digital, gerakan nasional literas

Raup keuntungan dari bisnis dan pekerjaan ini di dunia digital

Webinar Indonesia Makin Cakap Digital wilayah Barito Selatan, Kamis, (29/7/2021). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Masyarakat diajak untuk bisa memaksimalkan peluang yang tersedia pada sejumlah tren bisnis dan pekerjaan di dunia digital saat ini, untuk meraup keuntungan.

"Ada berbagai tren bisnis dan pekerjaan di dunia digital yang bisa kita ikuti untuk mendapatkan keuntungan," kata CEO Bahaso.com Tyovan Ari Widagdo saat menjadi narasumber webinar Indonesia Makin Cakap Digital wilayah Barito Selatan, Kalimantan Tengah.

Salah satu tren bisnis atau pekerjaan di dunia digital yang memiliki peluang sangat bagus adalah manajer media sosial. Manajer media sosial, yakni seseorang yang bertugas mengelola dan mengembangan media sosial.

Rekan bisnis atau pihak yang media sosialnya dikembangkan sangat bervariasi, bisa dari pihak perusahaan, perorangan dan lainnya.

Tren bisnis lainnya adalah penulis dan pekerjaan yang biasa dilakukan yakni membuat perencanaan konten pada media sosial, maupun menulis artikel di situs web atau blog perusahaan.

Adapula tren lainnya yakni menjadi seorang desain grafis. Pekerjaan ini memberikan banyak peluang di era digital yang kian berkembang secara pesat, serta keuntungan yang cukup banyak dengan durasi waktu kerja tak begitu lama.

"Programmer juga menjadi salah satu tren bisnis atau pekerjaan yang peluangnya sangat baik di era digital saat ini," ungkapnya.

Tyovan menjabarkan, jika seseorang ingin menjadi programmer, juga bisa dilakukan secara otodidak dan gratis, yaitu dengan mempelajarinya secara jaring pada berbagai situs yang tersedia di internet.

Kemudian tren pekerjaan lainnya menjadi konten kreator, video editor, hingga seorang fotografer. Untuk fotografer, masyarakat bisa menjual karya foto-foto yang dimilikinya pada berbagai situs web yang bisa dijumpai di dunia maya.

"Selain itu pekerjaan yang sedang tren di dunia digital saat ini, meliputi pengisi data, guru privat, serta menjadi seorang penerjemah," ungkapnya.

Tyovan menegaskan banyak peluang yang tersedia di dunia digital guna meraih keuntungan dan meningkatkan penghasilan. Hanya saja diperlukan kemauan dan semangat untuk memepelajari segala hal yang diperlukan, agar masyarakat bisa semakin banyak mendapatkan manfaat dari digitalisasi.