Legislator Seruyan dukung pembentukan perda cadangan beras daerah

id Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, DPRD Kabupaten Seruyan, DPRD Seruyan, Seruyan, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Bejo Riyanto, Kalteng, perda cad

Legislator Seruyan dukung pembentukan perda cadangan beras daerah

Anggota DPRD Seruyan Bejo Riyanto di Kuala Pembuang.ANTARA/HO-Publikasi DPRD Seruyan

Kuala Pembuang (ANTARA) - Legislator Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Bejo Riyanto menyatakan bahwa pihaknya menyambut baik dan siap mendukung adanya wacana pembentukan Peraturan Daerah (Perda) tentang Cadangan Beras Daerah.

"Kalau pembentukan perda itu kan tujuannya baik untuk masyarakat Seruyan, jadi harus didukung. Dengan begitu, cadangan beras di kabupaten ini bisa selalu tersedia," kata Bejo di Kuala Pembuang, Jumat.

Menurut Anggota DPRD Kabupaten Seruyan itu, pihaknya masih belum mengetahui secara pasti tentang wacana pembuatan Perda tersebut oleh Pemkab Seruyan melalui dinas terkaitnya dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP).

"Kebetulan saya juga merupakan anggota dari Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Seruyan dan saya masih belum mengetahui perihal tersebut," ungkapnya.

Selain itu, sejauh yang dirinya ketahui, pihak eksekutif masih belum ada menyerahkan draft atau rancangan dari Perda tersebut kepada DPRD Seruyan khususnya ke Bapemperda.

Dia menjelaskan jika secara aturan, pihak eksekutif harus terlebih dahulu memasukkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tersebut ke dalam Program Legislasi Daerah (Prolegda) untuk bisa dilakukan pembahasan lebih lanjut.

Baca juga: Tampung hasil pertanian, Seruyan wacanakan Perda cadangan beras daerah

Kemudian, secara umum, dirinya tentu sangat berharap sekali Perda tersebut ada dan bisa untuk direalisasikan. Hal ini dimaksudkan terutama untuk membantu pemasaran hasil produksi pertanian yang ada di kabupaten berjuluk Bumi Gawi Hantantiring ini.

"Tapi sampai sejauh ini kami masih belum tahu mengenai adanya keinginan dari DKPP untuk membuat Perda tersebut. Kalau memang ada dan bisa, akan kita dukung sekali," kata Bejo.

Politisi Partai Amanat Nasional itu menabahkan memang di Seruyan ini pertanian merupakan sektor yang potensial sehingga untuk memaksimalkan pengelolaannya seperti pemasaran dan lain sebagainya perlu di bentuk sebuah aturan, agar Pemkab lebih maksimal dalam membantu petani dan ketersediaan cadangan beras di kabupaten ini.

Baca juga: Wabup Seruyan dorong peningkatan produk UMKM di perdesaan

Baca juga: Ketua DPRD Seruyan minta pertanian dimaksimalkan untuk pacu perekonomian daerah

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2021