Wabup Mura resmikan jaringan listrik di empat desa

id Wabup Mura,Rejikinoor,Wabup Mura resmikan jaringan listrik di empat desa,listrik desa,Desa Panuut, Kecamatan Murung,Kalteng

Wabup Mura resmikan jaringan listrik di empat desa

Wakil Bupati Murung Raya, Rejikinoor saat meresmikan jaringan listrik di empat desa, Sabtu (31/7/2021). ANTARA/Supriadi.

Puruk Cahu, Kalteng (ANTARA) - Wakil Bupati Murung Raya, Kalimantan Tengah Rejikinoor meresmikan jaringan listrik di empat desa yang dilaksanakan di Desa Panuut, Kecamatan Murung, Sabtu.

Selain Desa Panuut, desa yang diresmikan jaringan listriknya adalah Desa Batu Mirau, Tumbang Apat dan Tumbang Kolon, Kecamatan Sungai Babuat.

"Berdasarkan data Rasio Elektrifikasi (RE) yang dimiliki, baru 50 desa yang sudah teraliri jaringan listrik," kata Rejikinoor.

Baca juga: Bupati: Pergaulan remaja di Murung Raya mengkhawatirkan

Rejikinoor mengatakan, wilayah Kabupaten Murung Raya (Mura) ini memiliki 10 Kecamatan,116 desa dan 9 Kelurahan.

Untuk 15 desa lainnya mendapatkan bantuan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Hemat Energi (PLTSHE) tahun 2019 Program Dinas Energi Sumber Daya Mineral (DESDM) Provinsi Kalteng dan Kementrian ESDM RI.

Sedangkan 60 desa lainnya masih belum teraliri jaringan listrik PLN dengan Rmrasio elektrifikasi desa berlistrik 50,39 persen dan desa belum berlistrik 49,61 persen.

Rejikinoor pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada PT. PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Kalselteng, atas segala dedikasi dan kerja kerasnya dalam membangun listrik pedesaan yang sudah teraliri listrik.

Baca juga: Bupati Mura: BPD dan kades harus bersinergi bangun desa

Tidak hanya itu, Pemerintah Kabupaten Mura akan berkomitmen untuk selalu siap membantu PLN dalam melaksanakan program listrik pedesaan.

Hal ini dilakukan semata-mata untuk memenuhi segala pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat sekaligus sebagai aksi strategis penanggulangan kemiskinan, kebodohan dan keterisolasian sebagai wujud pelaksanaan Visi, Misi dan Program Kerja Pemerintah Kabupaten Murung Raya menuju Murung Raya Emas tahun 2030.

"Kita juga berharap dengan adanya penerangan di rumah-rumah warga ini dapat meningkatkan produktivitas masyarakat," ucapnya.

Baca juga: Bupati Murung Raya lantik 44 anggota BPD di delapan desa

Dengan adanya listrik lanjut dia, tentu dapat menunjang banyak kegiatan dan aktivitas warga, baik pada malam hari ataupun siang hari.

Selain itu, anak-anak juga bisa belajar, dan yang mempunyai usaha rumahan juga dapat menghidupkan kembali usaha dan perekonomiannya.

Acara peresmian jaringan listrik tersebut dilaksanakan secara sederhana dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang sudah menjadi prosedur dan ketentuan dalam pencegahan COVID-19

Baca juga: Perbaikan jalan dari Jembatan Merdeka-simpang Polres terkendala status jalan

Baca juga: Kebakaran lahan di Juking Pajang berhasil dipadamkan