Pengawasan terhadap penangkapan ikan ilegal di Seruyan diminta ditingkatkan

id Dprd seruyan, kuala pembuang, bejo riyanto, penangkapan ikan ilegal, illegal fishing, kalteng

Pengawasan terhadap penangkapan ikan ilegal di Seruyan diminta ditingkatkan

Anggota DPRD Seruyan Bejo Riyanto di Kuala Pembuang. (ANTARA/Radianor)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Bejo Riyanto mendorong instansi terkait meningkatkan pengawasan dan menindak tegas pelaku penangkapan ikan secara ilegal atau illegal fishing yang saat ini diduga masih terjadi di kawasan bantaran sungai.

“Tindakan illegal fishing harus kita atasi karena dampaknya merusak habitat ikan ataupun makhluk hidup lainnya yang berada di sungai tersebut, sehingga pengawasan sangat diperlukan dalam hal ini,” kata Bejo di Kuala Pembuang, Senin.

Menurut dia, menangkap ikan dengan cara meracun, menyetrum dan sejenisnya merupakan salah satu kegiatan ilegal dalam penangkapan ikan, sehingga dilarang dalam peraturan yang berlaku.

Hal ini disebabkan karena tindakan tersebut dapat membuat populasi ikan yang ada di sungai maupun anak-anak sungai di Seruyan bisa mengalami kepunahan.

Ia mengatakan, terlebih sebagian besar mata pencaharian bagi masyarakat yang tinggal di bantaran sungai Seruyan masih bergantung pada ikan yang hidup di sungai tersebut atau sebagai nelayan.

Dikhawatirkan jika populasi ikan yang ada berkurang bahkan punah, berpengaruh buruk bagi tingkat perekonomian masyarakat bantaran sungai Seruyan.

Politisi Partai Amanat Nasional itu berharap, agar masyarakat jangan sampai melakukan hal tersebut karena tidak hanya berdampak pada kerusakan lingkungan. Mereka yang terbukti melakukan illegal fishing ini tentu akan berurusan hukum.

“Saya harap masyarakat  agar jangan sampai melakukan hal seperti itu, karena merusak lingkungan. Pikirkan juga nasib mereka yang masih bergantung dengan ekosistem di sungai tersebut,” harapnya

Dia menambahkan, hal yang tidak kalah penting yakni pengawasan langsung dari masyarakat setempat sehingga illegal fishing bisa dicegah. Apabila mengetahui ada perbuatan tersebut laporkan saja supaya bisa ditindak.

“Jangan takut untuk melaporkan karena ini untuk tetap menjaga populasi ikan dan lingkungan sungai agar tidak punah dan rusak,” demikian Bejo.