Wabup minta seluruh personel di Bartim mulai siaga tangani karhutla

id Wakil Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Habib Said Abdul Saleh Al Qadry, Kabupaten Barito Timur, Barito Timur, Bartim, Kalteng

Wabup minta seluruh personel di Bartim mulai siaga tangani karhutla

Wakil Bupati Bartim, Habib Said Abdul Saleh Al Qadri. ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Wakil Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Habib Said Abdul Saleh Al Qadry mengingatkan sekaligus meminta kepada personil yang terlibat dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), agar mulai bersiap siaga menangani dan menanggulangi karhutla pada kemarau tahun 2021 ini.

"Personil harus sigap menangani karhutla, sehingga bisa tertangani dengan baik dan tidak menimbulkan asap," kata Habib Saleh usai apel kesiapsiagaan penanggulangan karhutla tahun 2021 di Tamiang Layang, Kamis.

Adapun personil dimaksud yakni TNI, Polri dan BPBD Kabupaten Barito Timur serta tim relawan yang ikut dalam penanggulangan karhutla. Sebab, perkiraan BMKG iklim Indonesia hingga semester 2 tahun 2021 curah hujan dari sedang hingga tinggi akan terus terjadi. Kelengahan dalam penanggulangan karhutla diharapkan tidak terjadi walaupun dalam masa pandemi COVID-19.

Dia mengatakan seluruh personil penanggulangan karhutla bisa menjadi sarana dalam menyatukan tekad dalam penanggulangan bahaya karhutla, baik dengan upaya preventif aktif berupa penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat.

"Bhabinkamtibmas, Babinsa dan BPBD serta aparat pemerintah desa maupun masyarakat peduli api perlu berupaya mencegah sedini mungkin terhadap kemungkinan bahaya karhutla," kata Habib Saleh.

Ditambahkan orang nomor dua di Pemkab Bartim itu, dalam melaksanakan pencegahan bencana karhutla harus diikuti dengan penyusunan rencana aksi nyata di lapangan, dan dengan mengajak seluruh elemen yang ada di wilayah setempat untuk mengoptimalkan pencegahan karhutla.

Dia juga meminta agar dilakukan sosialisasi kepada masyarakat sehingga masyarakat paham akan bahaya yang ditimbulkan karhutla dan senantiasa mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

"Upayakan dengan maksimal menjaga keselamatan petugas saat melakukan pemadaman Karhutla dan saya minta agar aparat penegak hukum bertindak tegas terhadap pelaku Karhutla," kata Habib Saleh.

Baca juga: Pemkab Bartim awasi pengelolaan limbah sektor pelayanan medis

Kapolres Bartim, AKBP Afandi Eka Putra menegaskan, pihaknya telah menyiapkan 250 personil Polri dibantu dengan TNI dalam penanganan karhutla tahun ini.

"Personil yang disiapkan tersebut terbagi dalam tim pendeteksian, pencegahan sampai tim penegakan hukum dan ada enam posko karhutla yang disiapkan dalam penanggulangan karhutla tahun ini," kata Afandi.

Kata dia lagi, sarana dan prasarana juga telah dipersiapkan dengan sebaik-baiknya serta menghimbau warga dalam bertani agar membuka lahan tanpa membakar lahan guna menghindari Karhutla.

"Kita akan berupaya maksimal dan dalam penegakan hukum juga menerapkan hukum yang berkeadilan," demikian Afandi.

Baca juga: Pemkab Bartim targetkan padi Siam Busu disuplai ke calon Ibu Kota RI

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2021