BMKG prakirakan hujan lebat di sejumlah daerah di Indonesia, termasuk Kalteng

id BMKG ,Hujan Lebat,Kalteng

BMKG prakirakan hujan lebat di sejumlah daerah di Indonesia, termasuk Kalteng

Awan tebal menyelimuti langit di kawasan hunian tetap penyintas bencana gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (12/8/2021). ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang melanda sejumlah daerah di Indonesia.

Dari pantauan ANTARA di laman resmi BMKG di Jakarta, Sabtu, cuaca tersebut berpotensi terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung.

Cuaca serupa juga diprakirakan terjadi Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah (Kalteng), Kalimantan Utara (Kaltara), Kalimantan Timur (Kaltim), Kalimantan Selatan (Kalsel), Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku Utara, dan Papua.

Sementara wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah Riau, DKI Jakarta, dan Papua Barat.

Wilayah yang berpotensi angin kencang yakni Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, dan Maluku.

Banjir berpotensi melanda Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat dan Sulawesi Tengah.

BMKG juga mengatakan adanya potensi kebakaran hutan di Nusa Tenggara Timur.