Mengoptimalkan keterlibatan Pramuka dalam penanggulangan pandemi di Seruyan

id Pramuka seruyan, zuli eko prasetyo, ketua dprd seruyan, pandemi covid 19, kalteng, kuala pembuang

Mengoptimalkan keterlibatan Pramuka dalam penanggulangan pandemi di Seruyan

Ketua Kwartir Cabang Seruyan Zuli Eko Prasetyo saat diwawancarai di Kuala Pembuang, Sabtu, (14/8/2021). (ANTARA/Radianor)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Ketua Kwartir Cabang Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Zuli Eko Prasetyo menyampaikan, peran dari gerakan Pramuka sangat penting untuk memerangi penyebaran COVID-19 dengan berbagai kegiatan sebagai upaya pencegahan.

“Sesuai arahan yang disampaikan Ketua Kwartir Nasional Budi Waseso, Pramuka harus berperan aktif saat pandemi COVID-19,” kata Zuli Eko Prasetyo di Kuala Pembuang, Sabtu.

Menurut dia, gerakan Pramuka ini sangat penting dalam membantu memerangi COVID-19 karena di setiap daerah baik di pelosok, Pramuka tetap ada bahkan juga di sekolah, sehingga dengan gerakan Pramuka diharapkan pandemi ini dapat diatasi.

Ia pun merasa gerakan Pramuka ini perlu ditingkatkan untuk memerangi virus Corona, sebab organisasi ini ada di setiap wilayah, sehingga akan lebih mudah lagi untuk bersama-sama dalam mengatasi pandemi.

Hal yang bisa dilakukan oleh Pramuka, seperti membantu pemerintah menyampaikan kepada lingkungan masing-masing bahwa virus ini sangat berbahaya dan juga cara mengatasi ataupun mencegahnya.

“Kalau masyarakat itu mengetahui hal tersebut saya yakin penyebaran COVID-19 ini bisa kita atasi bersama-sama,” ungkapnya.

Selain menjelaskan tentang virus tersebut yang juga perlu dilakukan, yakni mensosialisasikan program-program pemerintah dalam mengatasi COVID-19, sehingga masyarakat memahami bahwa pemerintah mengambil kebijakan tersebut memang untuk kepentingan masyarakat banyak.

Eko yang juga Ketua DPRD Seruyan itu menambahkan, dalam memperingati Hari Pramuka ke-60 ini selain mengadakan upacara, pihaknya juga melakukan berbagai kegiatan mencegah penyebaran COVID-19 seperti pembagian masker.

“Juga menanam pohon, serta membersihkan maupun menyemprotkan desinfektan di tempat-tempat ibadah,” demikian Eko.