DKI Jakarta siapkan 200.060 dosis vaksin moderna untuk umum

id Pemprov DKI Jakarta ,vaksin moderna,DKI Jakarta siapkan 200.060 dosis vaksin moderna untuk umum

DKI Jakarta siapkan 200.060 dosis vaksin moderna untuk umum

Vaksinator menunjukkan vaksin moderna untuk dosis ketiga atau booster di RSUD Matraman, Jakarta Timur, Jumat (6/8/2021). Pemerintah menargetkan pemberian dosis ketiga kepada tenaga kesehatan rampung pada pekan kedua Agustus 2021. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.

"Vaksin COVID-19 Moderna diberikan untuk masyarakat yang tidak dapat menggunakan vaksin Astra Zeneca dan Sinovac,"
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan total 200.060 dosis vaksin merek Moderna kepada masyarakat umum yang tersedia di 36 rumah sakit dan fasilitas kesehatan di Ibu Kota.

"Vaksin COVID-19 Moderna diberikan untuk masyarakat yang tidak dapat menggunakan vaksin Astra Zeneca dan Sinovac," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti di Jakarta, Senin.

Menurut dia, sebanyak 200.060 dosis vaksin itu mencakup dua dosis yang diberikan untuk 100.030 orang masyarakat umum/non tenaga kesehatan dengan interval pemberian vaksin selama 28 hari.

Masyarakat yang tidak dapat menggunakan vaksin Sinovac dan Astra Zeneca itu, kata dia, harus melengkapi surat keterangan dokter yang berpraktik di fasilitas kesehatan mana pun atau tidak harus BPJS dan surat tersebut diarsipkan oleh fasilitas kesehatan penyuntik.

"Perlu kami tekankan bahwa tidak ada vaksin Moderna booster dosis ketiga untuk masyarakat umum, selain untuk SDM Kesehatan," ucapnya.

Vaksin COVID-19 Moderna itu, kata dia, hanya diberikan kepada warga KTP atau domisili DKI Jakarta, dibuktikan dengan surat domisili yang dikeluarkan minimal oleh RT setempat dan surat tersebut diarsipkan oleh fasilitas kesehatan penyuntik.

Vaksin produksi Amerika Serikat itu merupakan vaksin COVID-19 dengan platform mRNA dan nukleosida yang dimodifikasi agar dapat membentuk kekebalan tubuh terhadap virus SARS-CoV-2, sehingga dapat mencegah penyakit COVID-19.

Pemberian vaksinasi dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah maupun swasta yang memiliki dokter penyakit dalam dan konsultan alergi imunologi per tanggal 17 Agustus 2021.

Daftar fasilitas pelayanan jesehatan di DKI Jakarta yang akan melayani pemberian vaksin COVID-19 Moderna sebagai berikut:

1. Jakarta Pusat
RSUP Cipto Mangunkusumo
RSPAD Gatot Subroto
RSUD Tarakan
RS St. Carolus
RS Abdi Waluyo
PPKP Balai Kota DKI Jakarta
Pusat Pelayanan Kesehatan Pegawai
Puskesmas Kecamatan Menteng

2. Jakarta Utara
RSUD Koja
RSUD Cilincing
RSUD Pademangan
RS Mitra Keluarga Kelapa Gading
Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok

3. Jakarta Barat
RS Dharmais
RSUD Cengkareng
RSUD Taman Sari
RSUD Kalideres
RS Pelni
Puskesmas Kecamatan Grogol Petamburan

4. Jakarta Selatan
RSUP Fatmawati
RSUD Pasar Minggu
RSUD Pesanggrahan
RSUD Mampang Prapatan
RS Mayapada Lebak Bulus
RS Pondok Indah
RS Medistra
RS MMC
RSIA Brawijaya
Puskesmas Kecamatan Setiabudi

5. Jakarta Timur
RS Polri Said Sukamto
RSUD Budhi Asih
RSUD Pasar Rebo
RSU Adhyaksa
RSUD Kramat Jati
RS Antam Medika
Puskesmas Kecamatan Kramat Jati