Kadinkes Seruyan ingatkan warga tetap waspadai penyakit lain

id Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Mahdiniansyah, Dinas Kesehatan Kabupaten Seruyan, Dinkes Kabupaten Seruyan, Kabupaten Ser

Kadinkes Seruyan ingatkan warga tetap waspadai penyakit lain

Kepala Dinas Kesehatan Mahdiniansyah di Kuala Pembuang. ANTARA/Radianor

Kuala Pembuang (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Mahdiniansyah mengingatkan sekaligus meminta kepada masyarakat di wilayah ini tetap waspada terhadap penyebaran COVID-19 tanpa mengesampingkan penyakit lainnya, seperti Demam Berdarah Dengue (DBD).

"Kita memang harus waspada terhadap penyebaran COVID-19, tapi juga tetap tidak melupakan penyakit lainnya," kata Mahdiniansyah di Kuala Pembuang, Selasa.

Menurut dia, walaupun penyebaran maupun perkembangan penyakit lainnya di Seruyan selama pandemi COVID-19, tidak terlalu signifikan, namun hal tersebut harus tetap diwaspadai agar penyakit tersebut bisa dicegah.

"Bukan berarti kita bersyukur karena adanya COVID-19, tapi memang beberapa waktu belakangan ini berbagai penyakit di Seruyan yang biasanya terjadi itu. Alhamdulillah dapat dikendalikan dengan berbagai upaya pencegahan," ungkapnya.

Mahdiniansyah menyampaikan salah satunya saja adalah penyakit DBD yang tidak terjadi secara signifikan, jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Walaupun tetap ada yang terpapar penyakit tersebut, tapi tidak banyak.

"Memang tetap ada laporan yang masuk ke kami, tapi hanya satu dua kasus. Yang mana tentu saja berbeda jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya jika berbicara tentang DBD," kata dia.

Baca juga: Wabup Seruyan siap bantu promosikan produk UMKM

Dia menjelaskan, Kondisi ini tentu saja sedikit banyak membantu pihaknya dengan segala keterbatasan tenaga kesehatan (nakes), anggaran dan lain sebagainya. Maka dari itu diharapkan masyarakat harus tetap perilaku hidup bersih terutama terhadap diri dan lingkungan sekitar.

Selain itu, masyarakat juga harus meningkatkan imun tubuh baik dengan makanan yang bergizi dan ruting berolahraga agar tubuh tidak mudah terserang penyakit.

"Kita memang tetap waspada terhadap penyakit berbahaya seperti DBD, diare dan lain-lain. Semoga saja ke depan tetap dapat dikendalikan, karena itu akan sangat membantu kita di tengah situasi saat ini," demikian Mahdiniansyah.

Baca juga: Bapenda Seruyan cek langsung surat balasan PBS terkait wajib pajak