Investor Malaysia berminat bangun pabrik pakan ternak di Barut

id jagung barut,barito utara,investor malaysia,pabrik pakan ternak,kalteng

Investor Malaysia berminat bangun pabrik pakan ternak di Barut

Petani memasukan jagung ke dalam karung hasil penen petani di Desa Mampuak Kecamatan Teweh Timur, Kabupaten Barito Utara. ANTARA/HO-Dinas Pertanian Barut

Muara Teweh (ANTARA) - Investor dari negeri jiran Malaysia berminat untuk menanamkan investasinya di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, membuat pabrik pakan ternak  dengan memanfaatkan potensi tanaman jagung di daerah setempat. 

"Apabila pabrik ini nantinya terbangun, maka para petani jagung yang ada di wilayah ini dapat menjual hasil panennya ke pabrik tersebut. Selama ini untuk penjualan hasil produksi jagung berupa pipilan kering dibawa ke wilayah Pelaihari, Kalimantan Selata,” kata Kepala Dinas Pertanian Barito Utara Syahmiludin A Surapati di Muara Teweh,Jumat.

Menurut dia, dengan masuknya investor yang akan membangun pabrik pakan untuk makanan ternak ini akan membantu pemasaran hasil produksi pertanian jagung masyarakat di daerah ini khususnya para petani jagung.

"Dulu sebelum pandemi COVID-19, mereka sempat datang ke daerah ini, namun karena terkendala pandemi ini, sehingga mereka tertunda kembali datang.Mereka ingin mendirikan perusahaan pakan comfeed,"  kata dia.
 
Dia mengatakan apabila sudah kondusif (pandemi COVID-19) berakhir mereka akan datang ke daerah ini untuk meninjau tempat untuk lokasi yang strategis untuk membangun pabrik tersebut.

"Mereka nanti menentukan lokasi, dan kami mendorong untuk lokasi ini di wilayah Trans Km 52, Kecamatan Teweh Tengah atau di wilayah Desa Kandui, Kecamatan Gunung Timang yang dekat dengan sentra pertanian jagung masyarakat yang ada di daerah ini," katanya.
 
Syahmiludin juga mengatakan adanya investor ini diharapkan dapat memberikan efek positif terhadap usaha peternakan di wilayah ini, khususnya untuk ayam petelor dan pedaging. Sebab berdasarkan data pihaknya, untuk biaya yang dikeluarkan untuk usaha peternakan tersebut sebesar 70 persen hanya untuk pembelian pakan saja.

"Adanya pabrik pakan ternak ini nantinya akan membantu mengurangi beban biaya pebelian pakan ternak," ujarnya.

Sentra tanaman jagung di daerah ini diantaranya Desa  Mampuak, Liju dan Jamut di Kecamatan Teweh Timur Desa Sei Rahayu I dan Sei Rahayu II, Rimba Sari, Beringin Raya  dan Datai Nirui Kecamatan Teweh Tengah.

Luas tanaman jagung di Barito Utara saat ini mencapai 21.339 hektare dengan produksi sebanyak 153.511 ton.