Wabup Kobar: Bantuan alsintan tingkatkan produktivitas pertanian

id Wakil Bupati Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Ahmadi Riansyah, Kotawaringin Barat, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kobar, Kalteng

Wabup Kobar: Bantuan alsintan tingkatkan produktivitas pertanian

Wakil Bupati Kotawaringin Barat Ahmadi Riansyah saat menghadiri penyerahan secara simbolis bantuan alsintan kepada 28 kelompok tani di halaman Kantor Dinas TPHP Kobar, Kamis (26/8/2021). ANTARA/HO-Prokom Kobar

Pangkalan Bun (ANTARA) - Wakil Bupati Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Ahmadi Riansyah berharap bantuan Alat dan Mesin Pertanian yang diterima 28 kelompok tani di sejumlah kecamatan di kabupaten ini, dapat meningkatkan produktivitas pertanian di kabupaten ini.

Bantuan alsinta yang telah diperjuangkan Anggota DPR RI Bambang Purwanto dari pemerintah pusat ini harus benar-benar dijaga dan dimanfaatkan secara optimal, kata Ahmadi saat menghadiri penyerahan secara simbolis di halaman Kantor Dinas TPHP Kobar, Kamis.

"Kelompok tani penerima bantuan alsintan pun harapannya dapat lebih bertanggungawab, baik dari segi pemeliharaan maupun pemanfaatannya," ucapnya.

Adapun bantuan yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) terdiri dari tiga unit traktor roda empat, sembilan unit caltivator, tiga unit traktor roda 2, empat unit pompa air 6inci, delapan unit pompa air 4inci, dan dua unit handsprayer elektrik.

Sementara kelompok tani yang menerima bantuan alsintan di Kobar ini, tersebar di Kecamatan Arut Selatan, Pangkalan Lada, Pangkalan Banteng, Kumai dan Kotawaringin Lama.

Baca juga: Bupati pantau dan salurkan langsung bantuan ke korban banjir di Kobar

Ahmadi mengatakan sektor pertanian dalam arti luas harus menjadi sektor terdepan dalam upaya mengentaskan kemiskinan. Sebab, perannya tidak hanya dari segi peningkatan pendapatan dan penciptaan lapangan kerja, namun juga menjaga stabilitas harga pangan yang didukung oleh penyedian stok pangan.

"Itulah kenapa kami sangat mengharapkan bantuan alsintan yang telah diperjuangkan ini benar-benar dimanfaatkan secara optimal, serta mampu meningkatkan produktivitas pertanian di Kobar," tukas dia.

Untuk diketahui, Bambang Purwanto merupakan Anggota Komisi IV DPR RI dari daerah pemilihan Provinsi Kalimantan Tengah. Bambang Purwanto pun sebelumnya pernah menjabat Wakil Bupati Kotawaringin Barat.

Baca juga: Bupati: Vaksinasi ibu hamil di Kobar menyasar 803 orang

Baca juga: Bupati Kobar komit dukung pemerintah pusat turunkan angka stunting