Sebanyak 13 desa di Barito Timur dapat internet gratis

id 13 desa di Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Kabupaten Barito Timur, Barito Timur, Bartim, Kalteng, Kepala Diskominfo Kabupaten Barito Timur

Sebanyak 13 desa di Barito Timur dapat internet gratis

Kadis Kominfosantik Barito Timur, Dwi Aryanto. ANTARA/HO-Diskominfosantil Bartim

Tamiang Layang (ANTARA) - Sebanyak 13 desa di Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, mendapatkan internet gratis program KPU/USO Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

"Dari 13 desa itu, sembilan yang sudah terpasang internet VSAT BAKTI itu," kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, persandian dan statistik Kabupaten Barito Timur, Dwi Aryanto didampingi Kabid Penyelenggaraan E-Government Marten Audian Dhanurseta di Tamiang Layang, Selasa.

Dikatakan, 13 desa yang mendapatkan program internet gratis itu yakni Desa Kambitin, Desa Pulau Padang, Desa Lampeong, Desa Taringsing, Desa Muru Duyung, Desa Pinang Tunggal, Desa Dambung, Desa Sumber Garunggung, Desa Muara Awang, Desa Betang Nalong, Desa Mawani, Desa Maragut dan Desa Gandrung.

Dwi mengatakan sembilan desa yang sudah terpasang internet VSAT, yakni Desa Pulau Padang, Desa Lampeong, Desa Taringsing, Desa Muru Duyung, Pinang Tunggal, Desa Dambung, Desa Sumber Garunggung, Desa Muara Awang dan Desa Betang Nalong.

"Sisanya saat ini dalam proses pemasangan, perangkat yang dipasang adalah Internet VSAT," beber dia.

Diungkapkan, masyarakat pada desa-desa tersebut sudah sangat lama mendambakan saluran komunikasi melalui internet yang lancar dan dapat berkomunikasi dengan dunia luar.

"Berkat program KPU/USO BAKTI Kementerian Kominfo maka masalah jaringan internet bisa teratasi. Terutama anak-anak sekolah yang memerlukan data dan informasi terkait pelajaran sekolah," kata Dwi.

Dengan kapasitas kecepatan internetnya masih terbatas yakni 2 Mbps, Dwi meminta masyarakat bisa memanfaatkan program internet gratis semaksimal mungkin untuk penggunaan internet yang positif dan bermanfaat bagi pembangunan daerah dan pengembangan sumber daya manusia.

Baca juga: Kadis Komifo: Sinergi pers dan Pemkab Bartim harus terus ditingkatkan

Ditambahkan Kabid Penyelenggaraan E-Government Marten Audian Dhanurseta, pemasangan perangkat VSAT BAKTI di Desa Dambung, Kecamatan Dusun Tengah pekan kemarin juga mendapat antusiasme masyarakat Dayak Lawangan yang tinggal di sana.

"Pemkab Barito Timur menyediakan sarana transportasi untuk pemasangan VSAT BAKTI ke pelosok desa. Ini merupakan bagian komitmen Pemkab Barito Timur di bawah kepemimpinan Bupati ampere AY Mebas untuk memajukan Desa Dambung," kata Marten.

Dia mengatakan pemasangan internet VSAT BAKTI ini baru tahap awal. Pemkab Barito Timur melalui Diskominfosantik akan komitmen memfasilitasi pendirian repeater untuk menambah jangkauan sinyal telekomunikasi di desa-desa di wilayah Kabupaten Barito Timur.

Baca juga: Pramuka diharapkan menjadi teladan penerapan prokes di masa pandemi