Pemkab Mura dukung pemindahan kantor KPU

id Pemkab Mura dukung pemindahan kantor KPU, Kalteng, kpu

Pemkab Mura dukung pemindahan kantor KPU

Rapat koordinasi yang dilaksanakan Pemkab dan DPRD Murung Raya bersama KPU setempat yang dilaksanakan di aula Setda Gedung A di Puruk Cahu, Rabu (1/9/2021). ANTARA/Supriadi

Puruk Cahu  (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah mendukung penuh rencana atau usulan pemindahan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten setempat.

Dukungan tersebut disampaikan oleh pihak pemerintah daerah bersama DPRD Kabupaten Murung Raya pada rapat koordinasi dengan KPU yang dilaksanakan di aula Setda Gedung A, di Puruk Cahu, Rabu.

"Pemindahan kantor KPU yang sekarang berada di Jalan Kolonel Untung Surapati ke Jalan Bhayangkara harus direncanakan semaksimal mungkin agar proses pembangunannya tuntas," kata Wakil Bupati Mura, Rejikinoor.

Menurut Rejikinoor, semua pihak sudah sepakat dalam pemindahan kantor KPU dilakukan dalam kurun waktu lima tahun. Diharapkan proses perencanaannya maksimal sampai tuntas.

"Pada prinsipnya kami setuju dengan adanya perencanaan pindah kantor ini. Kami juga minta perencanaan dilakukan dengan matang dan harus tuntas," ucap Rejikinoor.

Sementara itu Ketua KPU Kabupaten Murung Raya, Sanjaya menyampaikan alasan sampai adanya usulan pindah kantor KPU mengingat letak bangunan kurang strategis.

“Usulan pindah kantor KPU bukan menyangkut bentuk bangunan kantor, melainkan letak lokasinya,” tuturnya

Ia juga mengatakan secara fisik, bentuk bangunan kantor KPU Murung Raya lebih baik dan bagus dibandingkan kantor KPU di kabupaten lain di Kalimantan Tengah.

Baca juga: Bupati Mura: Optimalkan pemanfaatan ruang digital

"Usulan pemindahan juga berdasarkan peraturan KPU Nomor 4 tahun 2011 tentang pedoman standar gedung Kantor KPU kabupaten/kota serta surat edaran dari Kapolres Murung Raya Nomor: B/286/IX/OPS.2/2020 tentang himbauan pemindahan kantor KPU.” jelasnya.

Dijelaskan Sanjaya, gedung KPU Murung Raya yang sekarang berada di Jalan Kolonel Untung Surapati berdiri di atas tanah rendah dan posisi jalan raya yang tinggi.

"Sehingga dikhawatirkan kalau ada demonstrasi dari pihak keamanan akan kesulitan dalam evakuasi," pungkas Sanjaya.

Sementara itu dalam rapat koordinasi tersebut dari unsur pemerintah daerah dihadiri oleh Wakil Bupati Mura, Rejikinoor dengan didampingi Sekretaris Daerah. Hermon. Dari DPRD sendiri langsung dihadiri Ketua DPRD Mura, Doni.

Baca juga: Murung Raya targetkan vaksinasi COVID-19 untuk 780 ibu hamil