Manfaatkan internet untuk dapatkan berbagai kebaikan

id Literasi digital, indonesia makin cakap digital, pemkab kobar, kalteng, siber kreasi, komifo

Manfaatkan internet untuk dapatkan berbagai kebaikan

Webinar Indonesia Makin Cakap Digital wilayah Kotawaringin Barat, Kamis, (2/9/2021). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Di era digital saat ini, masyarakat didorong meningkatkan kecakapan digital agar bisa memanfaatkan internet secara maksimal untuk mendapat berbagai kebaikan.

"Salah satu manfaat dan kebaikan internet yang bisa kita peroleh, yakni kemudahan dalam berkomunikasi," kata seorang 'public notary' Eva Elya saat menjadi narasumber Webinar Indonesia Makin Cakap Digital wilayah Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Kamis.

Kemudian manfaat dan kebaikan internet yang bisa masyarakat peroleh, yakni kemudahan dalam mencari informasi, memudahkan transaksi bisnis, sebagai sarana belajar, hingga media untuk berkarya.

Untuk itu ia mengharapkan masyarakat dapat memaksimalkan potensi ini, guna meraih kebaikan dan manfaat yang sebanyak-banyaknya, baik dalam menunjang kehidupan sehari-hari, maupun pekerjaan.

Eva mencontohkan, salah satu yang bisa didapat masyarakat melalui internet saat ini, seperti saat ingin membeli sesuatu tidak lagi harus pergi ke luar atau pasar.

"Dengan mengakses internet melalui gawai yang kita miliki, kita bisa bertransaksi dan melakukan aktivitas jual beli barang maupun jasa tanpa harus melakukan tatap muka," terangnya.

Selanjutnya ia juga mendorong agar masyarakat bisa menjadi lebih positif dan kreatif dengan internet. Yakni memanfaatkan internet untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat serta memberikan keuntungan.

Misalnya dengan berkarya atau membuat sesuatu yang bermanfaat, baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Adapun dalam webinar ini juga hadir narasumber lainnya, seperti musisi ternama tanah air Andy /rif membahas tentang keamanan digital, seorang manajer IT Muhammad Mursidi membahas tentang budaya digital, serta perwakilan Polres setempat Dwi Gatot Asmoro membahas tentang etika digital.

Seperti yang disampaikan Presiden Joko Widodo, melalui kegiatan ini masyarakat di seluruh penjuru tanah air diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan kemampuannya tentang digital, sehingga semakin cakap dan bijak, serta 'membanjiri' ruang digital dengan ragam konten positif serta bermanfaat.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021