Polisi tetapkan orangtua yang congkel mata anaknya sebagai tersangka

id orangtua congkel mata anak,pesugihan,Polisi tetapkan orangtua yang congkel mata anaknya sebagai tersangka,Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan ,Kabupate

Polisi tetapkan orangtua yang congkel mata anaknya sebagai tersangka

Kepala Bidang Humas Polda Sulsel, Kombes Pol E Zulpan. ANTARA/Darwin Fatir.

Makassar (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan akhirnya menetapkan dua tersangka dari empat pelaku kasus kekerasan terhadap anak di Lingkungan Lembang Panai, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Rabu lalu (1/9/2021).

"Dua orang telah ditetapkan tersangka, masing-masing kakek dan paman korban yang kini ditahan di Polres Gowa," kata Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan, Komisaris Besar Polisi E Zulpan, di Makassar, Senin.

Baca juga: Berikut dampak hingga risiko biologis memilih 'childfree'

Terduga pelaku kekerasan terhadap korban inisial AP (enam tahun) adalah HAS (43 tahun/ibu), TAU (47 tahun/ayah), US (44 tahun/paman), dan BA (70 tahun/kakek).

HAS dan US telah dibawa ke RS Jiwa Dadi agar diperiksa kondisi kejiwaannya, karena diduga saat melakukan perbuatan itu dalam keadaan tidak sadar dan disebut-sebut di bawah pengaruh roh halus, sehingga dia berusaha melukai mata kanan AP hingga rusak parah.

Baca juga: Ibu dan anak ditemukan tewas di bagasi mobil mewah

Saat ini, AP masih dirawat di RS Syech Yusuf di Kabupaten Gowa serta mendapat pendampingan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Gowa.

"Korban ini masih dirawat di rumah sakit. Direncanakan hari ini akan dilakukan operasi pada mata bagian kanan," katanya.

Baca juga: Polisi tangkap seorang nelayan diduga setubuhi anak di bawah umur

Zuplan menyatakan, sebagai langkah antisipasi mereka telah berkordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia, Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan, tokoh agama, dan tokoh masyarakat serta TNI, untuk memberikan penyuluhan agama agar kasus itu tidak terulang.

Sebelumnya, beredar video viral AP dipegang sekelompok orang yang diduga keluarganya, sembari ibunya yang diduga kerasukan roh berusaha mencongkel indera penglihatan AP dengan jarinya, di Lingkungan Lembang Panai, Kelurahan Gantarang, Kecamatan Tinggimoncong. Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, pada Rabu lalu (1/9/2021).

Akibat dari kejadian itu, kornea mata kanan AP rusak parah hingga harus dilarikan ke rumah sakit. Dugaan sementara, hal ini terkait dengan ajaran ilmu hitam demi pesugihan.

Baca juga: Israel tembak mati anak Palestina berusia 12 tahun

Baca juga: Polisi tangkap delapan anak muda yang keroyok polisi

Baca juga: Kakek 64 tahun diduga cabuli puluhan anak di Agam