Bantuan masyarakat Tabalong untuk korban banjir Katingan sempat terkendala

id Bantuan masyarakat Tabalong untuk korban banjir Katingan sempat terkendala, Kalteng, katingan

Bantuan masyarakat Tabalong untuk korban banjir Katingan sempat terkendala

Mobil lowboy atau trailer yang membantu memindahkan logistik bantuan masyarakat Tabalong untuk korban banjir di Kabupaten Katingan saat melintasi banjir di Bukit Rawi, Sabtu (11/9/2021). ANTARA/HO-Aliansi Masyarakat Tabalong

Buntok (ANTARA) - Bantuan logistik dari masyarakat Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan untuk korban banjir di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah sempat terkendala akibat jalan di kawasan Bukit Rawi, Kabupaten Pulang Pisau terendam banjir.

"Saat ini sebagian tim Aliansi Tabalong sedang menuju Kabupaten Katingan, sedangkan sebagiannya saat ini bertahan dan disediakan tempat istirahat di Polda Kalteng sebab kondisi sudah mulai malam," kata Sekretaris Aliansi Tabalong Peduli, Erlina Effendi Ilas, Sabtu.

Dijelaskan, sebagian truk yang mengangkut logistik sudah bisa melanjutkan perjalanan, namun sebagiannya lagi tertahan. Untungnya relawan disediakan tempat istirahat dari Polda Kalteng di daerah Bukit Rawi karena kondisi sudah mulai malam.

Ia mengatakan, sebagian truk pengangkut logistik yang masih tertahan akan melanjutkan perjalanan pada Minggu ke Kabupaten Katingan untuk menyampaikan amanat masyarakat Kabupaten Tabalong yakni bantuan untuk korban banjir.

Ia juga menerangkan, sebagian truk pengangkut logistik yang sudah melanjutkan perjalanan itu memang sempat tertahan sekitar enam jam karena kondisi jalan tergenang air.

Banjir yang menggenangi jalan poros di Bukit Rawi menuju Palangka Raya tersebut sempat membuat antrean roda empat tertahan di sepanjang kiri kanan jalan sepanjang lebih dari 10 kilometer.

Disamping itu, jalan yang tergenang air tersebut hanya bisa dilewati secara bergantian. Hal itu untuk mencegah terjadinya kejadian yang tidak diinginkan lantaran kondisi jalan berlubang dan struktur tanahnya juga tidak stabil. 

Baca juga: Gubernur Kalteng: Jangan ada penumpukan bantuan masyarakat terdampak banjir

"Panjangnya antrean tersebut serta genangan air yang cukup dalam, dan alhamdulillah, relawan Aliansi Tabalong Peduli mendapatkan prioritas dan pengawalan dari PJR Polda Kalteng," bebernya.

Selain dikawal dari Polda, logistik sumbangan masyarakat Tabalong tersebut juga dipindahkan ke mobil lowboy atau trailer sehingga dapat melintas banjir dengan lebih aman.

"Kami sangat terbantu oleh pengawalan PJR Polda Kalteng. Karena jika tidak, proses melawati banjir di Bukit Rawi bisa menghabiskan waktu seharian lebih," kata dia.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Polda Kalteng dan pihak lainnya yang telah membantu mengangkut logistik melewati banjir di Bukit Rawi ini menggunakan mobil lowwboy, sehingga sebagian logistik sedang dalam perjalanan ke Kabupaten Katingan.

Baca juga: Gubernur Kalteng minta pasokan elpiji daerah banjir dipenuhi

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2021