BPBD imbau masyarakat Seruyan waspada terhadap banjir

id Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, BPBD Kabupaten Seruyan, Kabupaten Seruyan, Seruyan, banjir di Kabupaten Seru

BPBD imbau masyarakat Seruyan waspada terhadap banjir

Kasi Kedaruratan Arvian Yuli Artha di Kuala Pembuang.ANTARA/Radianor

Kuala Pembuang (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, mengingatkan sekaligus mengimbau seluruh lapisan masyarakat, khususnya yang tinggal di daerah aliran sungai, agar tetap waspada terhadap potensi banjir.

"Masyarakat yang tinggal disekitar areal bantaran Sungai Seruyan harus waspada banjir karena saat ini sudah memasuki musim penghujan," kata Kepala BPBD Seruyan Agung Sulistiyono melalui Kasi Kedaruratan Arvian Yuli Artha di Kuala Pembuang, Senin.

Menurut dia, di wilayah Das Seruyan ini apabila sudah intensitas hujan tinggi maka debit airnya juga semakin meningkat sehingga terjadinya banjir didaerah tersebut. Selain itu, bisa juga disebabkan banjir kiriman dari daerah yang lebih tinggi seperti bagian hulu Seruyan.

"Kalau bagian hulu Seruyan ini banjir hal tersebut bisa berdampak ke wilayah hilirnnya karena datarannya lebih tinggi sehingga apabila intensitas tinggi tentu banjirnya juga akan merambat kewilayah lainnya seperti tahun sebelumnya," ungkapnya.

Dirinya juga meminta kepada seluruh lapisan masyarakat  di Bumi Gawi Hantantiring ini untuk bisa bersama-sama menjaga lingkungan agar tetap bersih dan tidak ada sampah-sampah yang menyumbat aliran air.

"Upaya itu memang perlu kita lakukan untuk mencegah terjadinya banjir, jadi kita juga harus menjaga lingkungan agar tetap bersih dan saluran airnya juga bisa berfungsi dengan baik," harap Arvian.

Baca juga: Bupati semangati atlet esport Seruyan menuju Pra PON XX Papua

Dimulainya musim penghujan dengan perkiraan pada Oktober hingga Maret mendatang, dirinya meminta agar sama-sama waspada dan mengantisipasi, supaya tidak ada korban jiwa terhadap bencana banjir yang saat ini terjadi.

"Mari sama-sama kita menjaga lingkungan kita agar tetap bersih. Selain itu, kita juga harus sama-sama mengantisipasi dan waspada terhadap potensi bencana banjir," demikian Arvian.

Baca juga: Ketua DPRD Seruyan: Anggaran pemkab harus bermanfaat bagi masyarakat