Kadinkes Seruyan: Waspadai sejumlah penyakit pada peralihan musim

id Pemkab seruyan, dinas kesehatan seruyan, penyakit musim pancaroba, dbd, demam berdarah, kuala pembuang, seruyan, kalteng

Kadinkes Seruyan: Waspadai sejumlah penyakit pada peralihan musim

Kepala Dinas Kesehatan Seruyan Mahdiniansyah. (ANTARA/Radianor)

saat ini musim tidak menentu kadang panas namun tiba-tiba terjadi hujan, sehingga harus diwaspadai ancaman penyebaran penyakit seperti Demam Berdarah Dangue (DBD), ispa, diare dan lainnya
Kuala Pembuang (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Seruyan, Kalimantan Tengah Mahdiniansyah mengingatkan masyarakat agar mewaspadai sejumlah penyakit yang rentan pada peralihan musim atau pancaroba.

“Saat ini kita sudah memasuki peralihan musim dan penyebaran penyakit selain COVID-19 kemungkinan bisa terjadi,” kata Mahdiniansyah di Kuala Pembuang, Senin.

Selain pandemi COVID-19 yang hingga saat ini masih terjadi, masyarakat perlu mewaspadai penyakit menular lainnya. Hal tersebut dikarenakan di musim pancaroba penyebaran penyakit lainnya mungkin dapat terjadi, apabila masyarakat lengah dan mengabaikan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Perilaku hidup bersih dan sehat ini sangat penting untuk mencegah datangnya penyakit, sehingga dengan begitu kita juga bisa lebih maksimal menangani COVID-19,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, saat ini musim tidak menentu kadang panas namun tiba-tiba terjadi hujan, sehingga harus diwaspadai ancaman penyebaran penyakit seperti Demam Berdarah Dangue (DBD), ispa, diare dan lainnya.

“Salah satu cara untuk mencegahnya, masyarakat harus terus menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan peduli lingkungan sekitar,“ jelasnya.

Seperti mencegah penyakit DBD, masyarakat diminta terus melakukan pemberantasan sarang nyamuk dan kegiatan menguras, menutup dan mendaur ulang plus.

“Mudah-mudahan dengan upaya bersama untuk selalu menerapkan PHBS, kita semua bisa mencegah berbagai penyakit di musim pancaroba ini," harapnya.

Dia menambahkan, tidak kalah penting untuk mencegah datangnya penyakit yakni dengan melakukan aktivitas olahraga untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

“Jadi aktivitas olahraga juga sangat penting karena dengan hal tersebut imun tubuh kita meningkat dan penyakit juga akan sulit menyerang kita,” demikian Mahdini.