Forum Komunikasi Bartim bahas upaya perluasan data peserta JKN-KIS

id bpjs kesehatan muara teweh,barito timur,validasi bartim,jks -kis,kalteng

Forum Komunikasi Bartim bahas upaya perluasan data peserta JKN-KIS

BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh bersama Pemkab Barito Timur dan pemangku kepentingan utama membahas penyelenggaraan program JKN-KIS di wilayah setempat di Tamiang Layang, Selasa (7/9/2021).ANTARA/HO-BPJS Kesehatan Muara Teweh

Tamiang Layang (ANTARA) - BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh bersama Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, dan pemangku kepentingan utama membahas penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di wilayah kabupaten setempat terkait upaya perluasan dan validasi data kepesertaan.

Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten Barito Timur Bertulumeus di Tamiang Layang, Selasa, mengatakan untuk mencapai perluasan peserta, langkah-langkah ke depan yang dapat diupayakan antara lain dengan menginventarisir badan usaha yang belum patuh dan memastikan badan usaha telah mendaftarkan karyawannya dalam program JKN-KIS sebelum mengurus perijinan di dinas terkait.

"Kita sepakat agar semua dapat terproteksi program JKN-KIS, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Barito Timur ke depan dapat turun ke lapangan bersama BPJS Kesehatan untuk menginventarisir badan usaha yang belum mendaftarkan karyawannya," tambah dia. 

Selain itu, badan usaha di daerah ini yang mau perpanjangan izin di Dinas DPMPTSP terlebih dahulu bisa dicek apakah ada punya BPJS dan telah  memenuhi kewajibannya untuk mendaftarkan karyawannya ke program JKN-KIS.

"Dari sisi validitas data peserta, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Barito Timur, Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos PMD) setempat serta BPJS Kesehatan terus berkoordinasi dalam upaya verifikasi dan validitas data kepesertaan JKN-KIS," katanya.

Kepala Bidang Sosial Dinsos PMD Barito Timur Santai Nyawit menambahkan untuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) masih dalam proses finalisasi di tahun ini, masih terus dilakukan validasi. Jika sudah selesai akan segera disampaikan melalui mekanisme pengajuan ke Kementerian Sosial. 

"Begitu juga dengan data Jamkesda Barito Timur verifikasi dan validasi dilakukan dengan langsung cek ke lapangan, jika sudah selesai akan kita sampaikan ke BPJS,” ucapnya. 

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh Pupung Purnama mengungkapkan upaya dan sinergi yang dilakukan dalam rangka mengawal RPJPN dan diharapkan dengan dukungan dari seluruh pihak dapat tercapai cakupan semesta atau UHC di Kabupaten Barito Timur.

"Untuk mencapai UHC kita harapkan selain dukungan dari pemerintah daerah juga peranan dari badan usaha melalui CSR, dan masyarakat pada umumnya. Untuk itu kami sudah melakukan sosialisasi kepesertaan hingga penagihan, Kami ucapkan terima kasih kepada jajaran Pemkab Barito Timur yang selalu mendukung sistem JKN dan selalu memberikan yang terbaik kepada masyarakat sehingga tercapai kesejahteraan sosial di daerah ini," kata Pupung.

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2021