Fairid Naparin: Perkuat pelaksanaan PAUD holistik integratif

id fairid naparin,palangka raya,paud holistik integratif,Perkuat pelaksanaan PAUD holistik integratif,wali kota palangka raya

Fairid Naparin: Perkuat pelaksanaan PAUD holistik integratif

Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin. (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Fairid Naparin meminta pelaksanaan Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) holistik integratif diperkuat.

"Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan komitmen dan kerjasama yang baik antara pemerintah, pihak sekolah, keluarga/wali murid sehingga tujuan program PAUD holistik integratif terwujud seutuhnya," kata Fairid di Palangka Raya, Rabu.

Dia pun berharap melalui peningkatan pelaksanaan program PAUD holistik integratif berbagai layanan pengembangan anak usia dini terpenuhi untuk mewujudkan anak Indonesia yang sehat, cerdas, ceria dan berakhlak mulia.

Kepala daerah termuda di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah itu menerangkan PAUD holistik integratif merupakan program penanganan anak usia dini secara utuh dan menyeluruh.

Baca juga: Wali Kota tetapkan Palangka Raya status siaga darurat bencana banjir

"Program ini mencakup layanan gizi dan kesehatan, pendidikan dan pengasuhan dan perlindungan yang mana diharapkan dapat mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak," kata Fairid.

Pernyataan itu diungkapkan pria nomor satu di wilayah "Kota Cantik" saat pengukuhan Bunda PAUD kecamatan/kelurahan dan Sosialisasi PAUD Holistik Integratif tahun 2021 yang berlangsung di Ruang Rapat Peteng Karuhei II, komplek kantor wali kota setempat.

Program PAUD holistik integratif itu tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2013 sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam menjamin hak tumbuh kembang anak usia dini.

Dalam pengembangan PAUD Holistik Integratif, lanjut dia, diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas untuk itu berbagai pihak yang terkait langsung program tersebut harus terus meningkatkan kapasitas baik secara mandiri maupun melalui institusi.

"Saya berharap besar agar pelaksanaan PAUD Holistik Integratif dapat dilakukan secara simultan, sistematis, menyeluruh, terintegrasi dan berkesinambungan untuk mendukung tumbuh kembang yang optimal," kata Fairid.

Menurut pria yang juga pembalap road race itu, kesuksesan pelaksanaan program tersebut menjadi sangat penting untuk menciptakan generasi muda Indonesia berkualitas, berkarakter dan mampu menghadapi perubahan serta tantangan zaman yang terus berkembang.

"Membentuk generasi masa depan berkarakter dan berkualitas merupakan investasi jangka panjang yang harus dipersiapkan sejak dini, sejak anak-anak masih usia dini," katanya.

Baca juga: Banjir mulai melanda Palangka Raya

Baca juga: Fairid Naparin raih penghargaan Indonesia Visionary Leader

Baca juga: Palangka Raya tingkatkan daya saing UMKM melalui lomba inovasi

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2021