Warga ini berbagi pengalaman menjadi peserta JKN-KIS

id bpjs kesehatan muara teweh,peserta ,jkn-kis,barito utara,kalteng

Warga ini berbagi pengalaman menjadi peserta JKN-KIS

Peserta JKN-KIS Zairin Zain warga Juking Hara, Kelurahan Jingah, Kecamatan Teweh Baru, ditemui di ruang tunggu layanan kantor BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh, Senin (13/9/2021).ANTARA/HO-BPJS Kesehatan Muara Teweh

Muara Teweh (ANTARA) - Menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sejak tahun 2016, Zairin Zain (54) warga Juking Hara, Kelurahan Jingah, Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, berbagi pengalamannya saat menggunakan layanan program JKN-KIS. 

"Di tahun 2020 saat istri saya melahirkan anak yang ketiga harus dilakukan operasi caesar dan itu merupakan pertama kali menggunakan kartu JKN-KIS, saya pikir akan ada biaya yang keluar ternyata tidak sama sekali, semua biaya ditanggung oleh program JKN-KIS," ucap Zairin saat ditemui di ruang tunggu layanan kantor BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh, Senin.

Terlepas dari biaya operasi caesar yang ditanggung oleh program JKN-KIS, dia juga mengungkapkan kemudahan layanan yang didapat.

"Mudah sekali urusannya, dari awal masuk rumah sakit pada saat itu sampai dengan selesai pelayanan dilayani dengan baik. Sudah gratis biaya pelayanannya memuaskan lagi," tambahnya.

Menjadi peserta JKN-KIS dari segmen Pekerja Penerima Upah, ia berharap agar masyarakat tidak ragu untuk mendaftar dan ikut bergotong royong melalui program JKN-KIS.

"Tidak usah ragu untuk mendaftar jadi peserta JKN-KIS karena saya sudah merasakan manfaatnya, adanya kartu JKN-KIS membuat berobat menjadi lebih mudah, yang repot kalau belum punya," ungkapnya.

Selain persalinan anak ketiganya, Zairin juga beberapa kali rawat inap di RSUD Muara Teweh dengan menggunakan layanan program JKN-KIS

"Sekitar dua bulan yang lalu saya rawat inap selama tiga hari di RSUD Muara Teweh, saat itu pada malam hari ke IGD langsung dilayani dan hasil pemeriksaan tekanan darah sangat tinggi, lagi-lagi gratis karena ditanggung oleh JKN-KIS," tuturnya.

Dengan kemudahan dalam berobat melalui program JKN-KIS, tentunya Zairin juga berharap untuk terus sehat sehingga iuran yang dibayarkan dapat digunakan untuk orang lain yang membutuhkan.

"Harapannya semoga selalu sehat agar iuran yang dibayarkan juga dapat digunakan oleh orang lain yang membutuhkan dan BPJS Kesehatan dapat terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat," ujar dia.