Gubernur Kalteng pantau perkembangan banjir melalui udara

id Gubernur kalteng pantau banjir lewat udara, gubernur kalteng, sugianto sabran, kalteng, kalimantan tengah, banjir kalteng, banjir palangka raya, banji

Gubernur Kalteng pantau perkembangan banjir melalui udara

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran memantau perkembangan banjir melalui udara, Jumat (17/9) sore. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran memantau banjir melalui udara, untuk mengetahui perkembangan berbagai daerah yang masih terendam maupun terisolir, diantaranya di Kabupaten Katingan serta Kota Palangka Raya.

"Melalui pemantauan udara, dapat dipetakan wilayah yang sulit dijangkau melalui darat dan akan berdampak pada sulitnya distribusi bantuan," katanya di Palangka Raya, Jumat.

Adanya pemantauan ini maka akan memudahkan pemprov dalam mengambil langkah serta strategi dalam pendistribusian bantuan.

Dalam kesempatan tersebut, yakni pemantauan lewat udara, pihaknya memverifikasi laporan dan informasi yang diterima, baik dari pemerintah kabupaten hingga desa maupun masyarakat.

Berdasarkan hasil pemantauan udara, secara garis besar situasi banjir mulai terkendali dan mulai surut. Tampak dari beberapa aktivitas terlihat sudah mulai berjalan. Hanya saja masih terdapat beberapa titik yang tampak terendam cukup tinggi seperti daerah Kamipang, Payawan dan Mendawai.

Sugianto pun mengharapkan masyarakat terdampak banjir dan daerahnya sulit dijangkau, dapat bersabar serta menunggu bantuan didistribusikan secara merata. Hingga saat ini bantuan terus didistribusikan dan dilakukan secara 'door to door'.

Oleh karenanya gubernur meminta instansi terkait terus bergerak dan tidak menunda penyaluran bantuan, sehingga semua warga bisa terlayani tepat waktu dan tepat sasaran.

"Jangan sampai ada masyarakat yang kelaparan dan terlantar. Pemerintah harus hadir paling depan saat musibah terjadi," tegasnya.

Kemudian masyarakat maupun petugas juga diingatkan untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, mengingat hingga saat ini pandemi COVID-19 belum berakhir dan masih melanda berbagai daerah di Kalteng.

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran beserta jajaran fokus dalam penanganan banjir di berbagai daerah di Kalteng, salah satunya dengan memastikan penyaluran bantuan benar-benar lancar hingga sampai kepada masyarakat.

Dalam beberapa waktu terakhir ia juga secara berkelanjutan meninjau berbagai daerah terdampak banjir, diantaranya di wilayah Kotawaringin Timur hingga berbagai desa di Katingan.

Menteri Sosial Tri Rismaharini juga datang langsung ke Kalteng mendatangi daerah maupun masyarakat terdampak banjir, diantaranya di wilayah Katingan maupun Palangka Raya.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021