Dinkes Seruyan akui BPJS Kesehatan gratis bagi masyarakat ada kendala

id Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Mahdiniansyah,Dinas Kesehatan Kabupaten Seruyan, Dinas Kesehatan Seruyan, Kabupaten Seruy

Dinkes Seruyan akui BPJS Kesehatan gratis bagi masyarakat ada kendala

Kepala Dinas Kesehatan Seruyan Mahdiniansyah (kiri) saat menyampaikan program kesehatan dasar masyarakat saat kunjungan DPRD Kotawaringin Barat ke DPRD Seruyan, di Kuala Pembuang, (14/9/2021). ANTARA/HO-Publikasi DPRD Seruyan

Kuala Pembuang (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Mahdiniansyah mengakui bahwa sampai saat ini pihaknya masih mengalami beberapa kendala dalam pelaksanaan program berobat gratis, yang bekerjasama dengan layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan bagi masyarakat.

"Jadi, program BPJS Kesehatan gratis bagi masyarakat yang kurang mampu sangat bagus, namun perjalanannya tidak semudah yang kita bayangkan. Ada kendala-kendala yang terjadi di lapangan," kata Mahdiniansyah di Kuala Pembuang, Senin.

Dikatakan, dalam pengelolaan program tersebut masih ada beberapa hal yang menjadi kendala sehingga saat ini program tersebut belum bisa mencapai angka 100 persen, yang artinya belum seluruh masyarakat Bumi Gawi Hantantiring ini yang mendapatkannya. Meski demikian, Dinkes Seruyan akan terus berupaya maksimal, sehingga program ini bisa bermanfaat bagi seluruh masyarakat di Seruyan.

Dia mengatakan Seruyan masih berada di diangka sekitar 95 persen, salah satu kendalanya adalah pada urusan administrasi. Karena syarat untuk bisa mendapatkan program BPJS ini adalah KTP, sedangkan masih ada masyarakat kita yang belum memiliki KTP. Sehingga setiap tahunnya itu masih ada yang tertinggal dari kepesertaan.

"Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan berkenaan dengan program BPJS tersebut, Kami telah melakukan MoU dengan beberapa rumah sakit yang ada di Kobar, Palangka Raya, bahkan Banjarmasin," beber Mahdiniansyah.

Baca juga: Sekda Seruyan pastikan pelaksanaan tes SKD CPNS sudah sesuai prokes

Diharapkan dengan adanya program-program tersebut tidak ada lagi masyarakat Seruyan yang ditolak oleh rumah sakit dan masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang sama.

“Jadi, apabila ada warga Seruyan yang sakit dan dirawat di rumah sakit yang kita lakukan MoU tersebut dan tidak memiliki identitas BPJS agar bisa segera dilayani. Nanti mereka bisa lakukan penagihan dengan kami. Kita terus melakukan upaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat," demikian Mahdiniansyah.

Baca juga: Bupati harapkan dukungan pelaku usaha majukan pendidikan di Seruyan

Baca juga: Bupati semangati atlet esport Seruyan menuju Pra PON XX Papua

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2021