Dengan JKN-KIS akses layanan kesehatan dirasa lebih mudah

id bpjs kesehatan muara teweh,jkn -kis,muara teweh,barito utara,kalteng

Dengan JKN-KIS akses layanan kesehatan dirasa lebih mudah

Abdul Naser peserta JKN-KIS di Muara Teweh.ANTARA/HO-BPJS Kesehatan Muara Teweh

Muara Teweh (ANTARA) - Melalui program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), akses layanan kesehatan dapat dinikmati dengan mudah, tidak terbatas pada pengobatan ketika sakit, melainkan juga dalam upaya menjaga kesehatan dengan rutin berkonsultasi dengan dokter di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP). 

Ini yang dirasakan Abdul Naser (42) peserta JKN-KIS dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) Badan Usaha yang telah terdaftar sejak tahun 2014 silam.

"Menjadi peserta JKN-KIS banyak manfaat yang dirasakan tidak hanya ketika sakit tetapi lebih penting berupaya menjaga kesehatan dengan rutin berkonsultasi dengan dokter di puskesmas," kata Naser di Muara Teweh, Senin.

Menrut dia, selama pandemi, layanan dapat dilakukan tanpa harus tatap muka, terkadang bisa melalui aplikasi Mobile JKN atau layanan whatsapp yang dimiliki oleh Puskesmas.

"Sebelumnya kalau konsultasi langsung ke FKTP, tapi sekarang bisa lewat online, pernah lewat aplikasi Mobile JKN atau layanan whatsapp dari Puskesmas," katanya.

Selama menjadi peserta JKN-KIS, Ia mengaku berkali-kali mengakses layanan kesehatan tanpa ada hambatan dan tanpa keluar biaya.

"Alhamdulillah selama ini kalaupun berobat hanya rawat jalan di Puskesmas, kalaupun ada masalah kesehatan sudah terlebih dahulu dikonsultasikan dengan dokter di Puskesmas jadi tidak sampai menunggu sakitnya parah, tidak ada keluar biaya saat berobatnya," kata dia.

Melalui program JKN-KIS, Naser juga berharap kemudahan akses layanan kesehatan dapat dirasakan hingga keseluruh pelosok yang ada di daerah Kabupaten Barito Utara.

"Kalau di Kota Muara Teweh akses internet tersedia dengan mudah, semoga di daerah lain sampai pelosok juga dapat menikmati layanan konsultasi online sehingga tidak perlu kontak fisik untuk mengurangi dan mencegah penyebaran COVID-19," ungkap Naser.

Dia yakin dengan akses layanan yang semakin berkembang program JKN-KIS ke depan semakin dapat diandalkan oleh masyarakat.

"Semakin lama semakin baik, jadi yakin kalau program JKN-KIS ke depan akan semakin maju dan menjadi andalan masyarakat," ujar Naser.

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2021