Bupati Kapuas kembali melepas penyaluran bantuan banjir di Kalteng

id Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat, Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Kalteng

Bupati Kapuas kembali melepas penyaluran bantuan banjir di Kalteng

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat melepas keberangkatan armada mengakut bantuan banjir untuk Kalimantan Tengah, di halaman Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Kamis (23/9) pagi. ANTARA/ HO-Diskominfo Kapuas

Kuala Kapuas (ANTARA) - Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat kembali melepas secara langsung rombongan penyalur bantuan untuk musibah banjir di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah, di halaman Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Kamis (23/9) pagi.

Bantuan ini akan disalurkan untuk masyarakat yang terdampak musibah banjir di Kecamatan Jabiren Kabupaten Pulang Pisau dan Mandawai Kota Palangka Raya, kata Ben disela pelepasan tersebut.

"Bantuan kemanusiaan saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang sedang terdampak musibah banjir di Kalteng," tambahnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Kapuas ini berpesan agar masyarakat Kabupaten Kapuas dapat menanamkan di dalam dirinya masing-masing akan rasa kepedulian terhadap sesama. Sebab, bantuan kemanusiaan ini sangat dibutuhkan oleh saudara-saudara yang terkena musibah banjir.

"Semoga bantuan ini bermanfaat untuk mereka disana. Ini sebagai bentuk dari rasa kebersamaan kita, rasa persaudaraan kita kepada mereka yang terdampak musibah,  karena kita semua adalah saudara," kata Ben.

Bupati Kapuas ini pun menyampaikan rasa terima kasih dan bangganya kepada masyarakat di kabupaten setempat, yang sudah menyumbangkan bantuannya, sehingga bantuan ini dapat terkumpul dan disalurkan ke masyarakaat yang terkena musibah.

Dia mengatakan Pemkab Kapuas menyampaikan terima kasih atas inisiatif, kerja keras dan rasa kepedulian masyarakat di kabupaten ini terhadap masyarakat yang terdampak musibah banjir.

"Bantuan ini diberangkatkan bentuk empati dan kepedulian kita kepada mereka yang terdampak musibah di Kecamatan Jabiren dan Mandawai," kata Ben.

Baca juga: Pemkab Kapuas gelar ritual adat Balian dan Memapas Lewu

Sementara itu, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kapuas, Suwarno Muriyat yang juga Kepala Dinas Pendidikan Kapuas mengatakan, bantuan yang akan disalurkan langsung untuk masyarakat di Jabiren dan Mandawai sebanyak 300 paket yang berisi beras 5 kg, minyak goreng 1 liter, gula pasir, teh, kopi dan mie instan.

Selain paket sembako, ada juga yang dalam bentuk besar sekitar 8 karung beras dan juga ada telur kurang lebih 8 rak, setelah itu ada juga perlengkapan bayi seperti susu, popok dan perlengkapan lainnya.

"Ini disediakan karena hasil dari koordinasi dengan posko yang ada di kota Palangka Raya," katanya.

Selain bantuan berupa sembako dan perlengkapan lainnya, tambahnya, bantuan berupa uang tunai pun juga disalurkan yang diserahkan oleh perwakilan SMKN 1 Kuala Kapuas kepada Bupati Kapuas, untuk selanjutnya digunakan dalam membantu masyarakat yang terdampak musibah banjir.

"Adapun rombongan yang berangkat mengantarkan bantuan diantaranya Dinas Pendidikan, Kwarcab Pramuka, BPK Tirta Borneo, Unit Balakar 545 dan Water Rescue Siber Kabupaten Kapuas," demikian Suwarno.

Baca juga: Bupati Kapuas melepas keberangkatan armada mengakut bantuan banjir

Baca juga: Diskominfo Kapuas dan insan pers salurkan bantuan untuk korban banjir