Pemkab Katingan raih Anugerah Parahita Ekapraya

id Pemkab Katingan raih Anugerah Parahita Ekapraya, Kalteng, Katingan

Pemkab Katingan raih Anugerah Parahita Ekapraya

Bupati Katingan Sakariyas (kanan) menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya kategori Pratama tahun 2020 di halaman kantor Bupati Katingan di Kasongan, Senin (27/9/2021). ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Kasongan (ANTARA) - Bupati Katingan Kalimantan Tengah Sakariyas menyampaikan kabupaten yang dipimpinnya meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori Pratama tahun 2020 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada ibu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak RI atas penghargaan ini yang diberikan kepada Kabupaten Katingan," kata Sakariyas saat menerima piagam penghargaan dan trofi APE di halaman kantor Bupati Katingan di Kasongan, Senin.

Sakariyas menjelaskan Anugerah Parahita Ekapraya adalah sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi pengarusutamaan gender.

Sakariyas mengutarakan, dalam pelaksanaan program pembangunan, Pemkab Katingan senantiasa mewujudkan pengarusutamaan gender. Ini menjadi perhatian serius pemerintah daerah dalam membuat kebijakan.

Hal itu berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo agar pemerintah daerah harus meningkatkan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan, meningkatkan peran ibu dan keluarga dalam pendidikan dan pengasuhan anak, menurunkan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, menurunkan angka pekerja anak, serta mencegah perkawinan anak di bawah umur.

Baca juga: Legislator: Cegah klaster sekolah saat PTM di Palangka Raya

"Semoga penghargaan ini dapat semakin meningkatkan semangat kami untuk melaksanakan pengarusutamaan gender di Kabupaten Katingan ke tingkat yang semakin baik lagi," ucap orang nomor satu di Katingan itu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Katingan Rentas menjelaskan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI menyampaikan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya sejak tahun 2004.

Kategori penerima Anugerah Parahita Ekapraya adalah tingkat pratama (pemula), tingkat madya (pengembangan), tingkat utama (peletakan dasar dan keberlanjutan) dan tingkat mentor.

"Kami di Dinas DP3AP2KB mendukung program pengarusutamaan gender Kabupaten Katingan untuk lebih meningkat lagi," demikian Rentas.

Baca juga: Mengoptimalkan pengembangan PAUD bersifat holistik integratif di Katingan

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2021